Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Sebut Pembebastugasan Murad Ismail Akibat Sikapnya yang Kurang Terpuji, Ini Kronologinya

Wakil Sekretaris Jendral DPP PDI Perjuangan Bidang Kerakyatan, Sadarestuwati menegaskan terkait dengan pembebasan tugasan Murad Ismail sebagai Ketua

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in PDIP Sebut Pembebastugasan Murad Ismail Akibat Sikapnya yang Kurang Terpuji, Ini Kronologinya
Kontributor TribunAmbon.com/Adjeng
Gubernur Maluku, Murad Ismail, Kamis (13/08/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jendral DPP PDI Perjuangan Bidang Kerakyatan, Sadarestuwati menegaskan terkait dengan pembebasan tugasan Murad Ismail sebagai Ketua DPD Partai Maluku, bahwa hal tersebut telah melalui mekanisme organisasi.

Sadarestuwati menyebut, jika Murad Ismail menunjukkan sikapnya yang tidak terpuji. Sebab ketika Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Syaiful Hidayat dan Ketua DPP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun melakukan klarifikasi, tiba-tiba Murad menunjukkan sikap emosional. 




"Sikap tersebut jauh dari karakter seorang pemimpin yang bijak dalam menyelesaikan permasalahan," kata Sadarestuwati, Selasa (9/5/2023).

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPP PDI Perjuangan bidang perempuan, Sri Rahayu juga sangat menyayangkan sikap Murad Ismail yang lebih mengedepankan kepentingan keluarga, khususnya isterinya sendiri, daripada kepentingan rakyat.

Terlebih, sebagai gubernur yang diusung oleh PDI Perjuangan seharusnya Murad lebih mengedepankan kepentingan rakyat, bangsa, dan negara. 

"PDI Perjuangan memiliki aturan Partai bahwa suami isteri tidak boleh berbeda partai, namun ternyata Pak Murad malah menunjukkan sikap emosional dihadapan Pak Djarot Syaiful Hidayat yang dikenal sebagai sosok yang santun, sosok pendengar, dan selalu mencari solusi dengan cara musyawarah," ujar Sri Rahayu.

BERITA TERKAIT

Atas sikap Murad Ismail yang emosional tersebut, maka ketika DPP Partai memberikan laporan kepada Ketua Umum Partai Megawati Soekarnoputri, arahan Megawati sangat tegas bahwa seluruh kader Partai wajib menjaga disiplin Partai dan juga mematuhi peraturan Partai. 

“Partai dibangun atas keteguhan dalam ideologi dan disiplin kader. Atas dasar hal tersebut, maka Partai mengambil keputusan membebas tugaskan Sdr. Murad Ismail dari jabatan sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan, dan menetapkan Sdr Benhur Watubun sebagai Ketua DPD dan Mercy Barends sebagai Sekretaris DPD Partai," kata Sri Rahayu.

Baca juga: Alasan Gubernur Maluku Murad Ismail Dicopot dari Ketua DPD PDIP: Satu Keluarga Tak Boleh Beda Partai

Apa yang terjadi di Maluku tersebut untuk menjadi pelajaran penting, bagaimana setiap kader Partai agar bisa menjaga perilaku, bersikap santun, namun tegas dan kokoh di dalan membela rakyat kecil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas