Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan 25 Tahun Reformasi, Puluhan Ribu Orang Bakal Ikut Jalan Sehat di Senayan Tolak 3 Periode

Sebanyak 25.000 orang akan mengikuti jalan sehat di kawasan DPR Senayan Jakarta untuk memperingati momentum 25 tahun Reformasi

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Peringatan 25 Tahun Reformasi, Puluhan Ribu Orang Bakal Ikut Jalan Sehat di Senayan Tolak 3 Periode
Tribunnews.com/ Larasati Dyah
Konferensi Pers Aldera, Reformasi Memanggil: 25 Tahun Reformasi, Senayan, Jakarta, Jumat (19/5/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 25.000 orang akan mengikuti jalan sehat di kawasan DPR Senayan Jakarta untuk memperingati momentum 25 tahun Reformasi pada Minggu (21/5/2023).

Acara jalan sehat tersebut akan dimulai pukul 05.30 WIB dengan rute mulai dari depan FX Sudirman, Semanggi, dan berakhir di DPR RI.

Acara ini diprakarsai Aliansi Demokrasi Rakyat (ALDERA), organisasi aktivis 98, yang memperjuangkan demokrasi untuk menolak gagasan inkonstitusional jelang Pemilu 2024.

Sekjen Aldera, Pius Lustrilanang mengatakan pihaknya sengaja memperingati 25 Tahun Reformasi, karena ada kehendak inkonstitusional dari kalangan tertentu yang mengancam demokrasi.

"Tiga periode, perpanjangan masa jabatan, tunda Pemilu. Kami merasa penting untuk merayakan 25 tahun reformasi untuk mengumpulkan kembali semua yang selama ini diam tidak bersuara untuk menunjukkan bahwa yang menolak hal konstitusional itu sangat banyak," kata Pius saat konferensi pers di kawasan Senayan, Jumat (19/5/2023).

Pius mengatakan ada 72 persen rakyat Indonesia yang menolak gagasan inkonstitusional tersebut.

Baca juga: Reformasi Dinilai Gagal karena Partai Politik Dikuasai Oligarki

BERITA TERKAIT

Aldera yang terdiri dari perkumpulan aktivis 98 ingin Pemilu berjalan sesuai jadwal.

"Ide-ide tersebut (3 periode dan sebagainya) dilakukan secara sistematis, terus menerus, kami mengajak semua pihak waspada. Isu itu bisa saja muncul kembali kapan pun," ujarnya.

Aktivis Aldera Bandung, R Valentina Sagala mengatakan jalan sehat sengaja dilakukan di kawasan DPR Senayan, dimana peristiwa 98 berlangsung.

Baca juga: 25 Tahun Reformasi, Indonesia Disebut Butuh Model Kepemimpinan Baru

Masyarakat yang datang pada jalan sehat tersebut dipastikan mereka yang menolak gagasan 3 periode, perpanjangan masa jabatan, hingga tunda Pemilu.

Valentina mengatakan reformasi telah menghasilkan pembatasan kekuasaan dalam UUD 45, pihaknya mengingatkan kembali agar apa yang sudah dimandatkan konstitusi harus dijalankan secara konstitusional.

"Dengan sungguh-sungguh, 25 tahun reformasi harus dirayakan bersama-sama dengan memastikan tidak ada gagasan dan ide-ide inkonstitusional," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas