Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei LSJ: PDIP, Gerindra, Golkar Tertinggi, PAN dan PPP Tidak Lolos Parlementary Threshold

Hasil survei nasional Lembaga Survei Jakarta (LSJ) terbaru menunjukkan peta elektabilitas partai politik. Tercatat PDIP, Gerindra dan Golkar jadi yang

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Survei LSJ: PDIP, Gerindra, Golkar Tertinggi, PAN dan PPP Tidak Lolos Parlementary Threshold
Rahmat Fajar Nugraha/Tribunnews.com
Bendera-bendera partai politik di Pemilu 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W. Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil survei nasional Lembaga Survei Jakarta (LSJ) terbaru menunjukkan peta elektabilitas partai politik. Tercatat PDIP, Gerindra dan Golkar jadi yang tertinggi.

Adapun hasil survei tersebut telah dilakukan LSJ pada 9 Mei sampai 17 Mei 2023 dengan metode tatap muka libatkan 1.200 responden. Adapun margin of error mencapai 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

"Berdasarkan survei LSJ, jika Pemilu diselenggarakan saat ini, PDI Perjuangan mendominasi dengan elektabilitas sebesar 18,6 persen, menjadikannya partai terkuat di antara 17 partai peserta pemilu lainnya," kata Direktur Riset LSJ, Fetra Adrianto pada paparannya secara daring, Rabu (24/5/2023).

Baca juga: Elektabilitas Prabowo Unggul dari Ganjar Pranowo Versi Survei Litbang Kompas, PDIP: Cermin Bagi Kami

Kemudian dikatakan Fetra posisi kedua, terdapat Partai Gerindra dengan elektabilitas sebesar 16,8 persen. Sementara itu, Partai Golkar menempati posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 10,5 persen, diikuti oleh Partai Demokrat dengan elektabilitas 9,9 persen.

"Partai NasDem, PKB, PKS, dan Partai Perindo berada di posisi menengah dengan elektabilitas masing-masing 8,1 persen, 7,6 persen, 7,4 persen, dan 5,0%," sambungnya.

Kemudian partai politik yang tidak lolos parliamentary threshold 4 persen. Ada partai-partai yang sebelumnya lolos ke Senayan seperti PAN dan PPP.

BERITA TERKAIT

"Di papan bawah terdapat PAN dengan elektabilitas 2,8% dan PPP dengan elektabilitas 1,9% yang dimana harus berbagi tempat dengan partai-partai non- parlemen dan partai-partai baru lainnya," tutupnya.

Sebelumnya, Litbang Kompas kembali melakukan survei elektabilitas parpol politik (parpol) menjelang Pemilu 2024.

Dari hasil survei terbaru Litbang Kompas yang dilakukan pada 29 April-10 Mei 2023 itu, hanya enam parpol yang diprediksi akan lolos ke parlemen dan memiliki kursi di DPR RI.

Sementara 14 parpol lainnya diprediksi tidak akan mampu memenuhi ketentuan ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) 4 persen.

Dalam survei terbaru Litbang Kompas ini, PDI Perjuangan (PDIP) tercatat masih memiliki elektabilitas tertinggi dengan 23,3 persen.

Elektabilitas partai banteng moncong putih itu naik dibandingkan hasil survei sebelumnya yang dilakukan pada Januari 2023.

Saat itu survei Litbang Kompas mencatat elektabilitas PDIP sebesar 22,9 persen.

Baca juga: Litbang Kompas Prediksi PPP Tak Lolos Pileg 2024, Jubir: Survei itu Tidak Berdampak Apa-apa

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas