Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Derita Dokter Aulia Ikut PPDS Undip Disebut Asah Mental, Ibunya Masygul: Saya Didik Dia Lemah Lembut

Dokter Aulia Risma diduga korban perundungan selama mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro (Undip).

Editor: Willem Jonata
zoom-in Derita Dokter Aulia Ikut PPDS Undip Disebut Asah Mental, Ibunya Masygul: Saya Didik Dia Lemah Lembut
Kolase tribunpantura.com/ Fajar Bahruddin Achmad
Pemakaman ayah dokter Aulia Risma Lestari di TPU Panggung Kota Tegal, Jawa Tengah, Selasa (27/8/2024) (kiri) 

TRIBUNNNEWS.COM - Nuzmatun Malinah, ibunda dokter Aulia Risma, masygul. Kematian putrinya masih menyisakan duka mendalam.

Dokter Aulia Risma diduga korban perundungan selama mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro (Undip).

Bahkan karena kematian putrinya, kondisi kesehatan sang suami memburuk hingga akhirnya meninggal dunia.

Kini Nuzmatun mencari keadilan untuk dua orang yang dicintainya.

"Tolong bantu saya mencari keadilan, tidak hanya satu nyawa, tapi suami saya yang harusnya mendampingi saya sudah tidak ada, tolong bantu saya untuk mencari keadilan. Ya Allah, tolong Ya Allah," Nuzmatun terisak, seperti dikutip Kompas.com.

Nuzmatun mengungkap Aulia kerap dibentak dan dipaksa berkerja di RSUP dr Kariadi tanpa henti hingga kelelahan.

Pernah karena kelelahan, Aulia mengalami kecelakaan tunggal, terjatuh di selokan. Itu terjadi pada 25 Agustus 2022.

BERITA TERKAIT

"Saking ngantuknya dia jatuh ke selokan, sampai dia sadar sendiri, malam-malam dini hari, sampai dia bangun sendiri, apa yang terjadi, sakitnya seperti apa," cerita Nuzmatun.

Nuzmatun Malinah tak bisa menahan tangis pilunya. Ibunda dokter Aulia Risma Lestari ini blak-blakan meminta keadilan atas kasus bully mendiang anaknya
Nuzmatun Malinah tak bisa menahan tangis pilunya. Ibunda dokter Aulia Risma Lestari ini blak-blakan meminta keadilan atas kasus bully mendiang anaknya (kolase/Tribun Jateng)

Akibat kecelakaan itu, kaki dan punggung Aulia sakit. Ia harus menjalani operasi dua kali pada 2023 dan 2024. 

Sejak awal masuk PPDS Anestesi Undip pada 2022, dia mendengar cerita dari Aulia bila mahasiswa PPDS harus tuntas menyiapkan ruang operasi pada pukul 03.00 WIB.

"Jam tiga dini hari harus sudah di ruangan. Semua peralatan sudah siap, kadang setengah 2, rutinitas seperti itu. Sampai akhirnya dia pulang dari rumah sakit itu jatuh," kata dia.

Nuzmatun sempat mendatangi Kaprodi agar putrinya tidak ditugaskan di RS secara berlebihan hingga kelelahan dan mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

"Dijawab (Kaprodi) 'itu adalah penguatan mental, dalam menghadapi berbagai pasien'. Saya sampaikan apakah enggak ada cara lain? Beberapa kali saya menghadap, tapi perlakuannya masih tetap seperti itu," ungkap dia.

Nuzmatun juga mendengar curhatan putrinya yang kerap menerima bentakan saat menjalani praktik di RSUP Kariadi bersama mahasiswa PPDS Anestesi lainnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas