Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO Firli Bahuri Cs Menanti SK Jokowi Terkait Penambahan Masa Jabatan Pimpinan KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufro mengakui, putusan MK tersebut menimbulkan banyak respons dari sejumlah pihak.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Firli Bahuri cs sedang menanti Surat Keputusan (SK) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait perpanjangan masa jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Presiden selanjutnya akan mengeluarkan SK perubahannya," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada awak media, Senin (29/5/2023).

Diketahui Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan putusan terkait perpanjangan masa jabatan pimpinan KPK pada Kamis (25/5/2023) berlaku untuk periode saat ini.




Ghufron menjelaskan MK sudah mengubah masa jabatan pimpinan KPK pada 23 Mei 2023.

Dengan demikian, pimpinan KPK yang menjabat saat ini mesti melanjutkan kerjanya untuk satu tahun mendatang.

Ghufron mengakui, putusan MK tersebut menimbulkan banyak respons dari sejumlah pihak.

Dia menilai fenomena itu sebagai hal yang wajar.

BERITA TERKAIT

"Tafsir dan pandangan berbagai pihak itu bagian dari warna-warni demokrasi, tetapi tetap tunduk dalam koridor hukum," kata Ghufron.

Diberitakan, Mahkamah Konstitusi mengabulkan uji materi atau Judicial Review (JR) Pasal 34 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK yang diajukan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Dengan putusan ini, masa jabatan pimpinan KPK menjadi lima tahun dari sebelumnya empat tahun.

Pemerintah pun kini menyiapkan surat keputusan untuk memperpanjang jabatan Ketua KPK Firli Bahuri cs yang harusnya selesai tahun ini menjadi berakhir pada Desember 2024.

Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Hiariej mengatakan, penjelasan juru bicara MK memberikan kepastian sehingga tidak ada lagi kontroversi dalam menafsirkan putusan MK tersebut.

Perpanjangan masa jabatan, kata dia, tinggal menunggu Presiden Jokowi mengubah keputusan presiden (keppres) yang mengatur masa kepemimpinan Firli Bahuri cs.

"Dengan demikian, Presiden akan mengubah keppres terkait masa jabatan pimpinan KPK yang akan berakhir 20 Desember 2023 diperpanjang satu tahun ke depan menjadi 20 Desember 2024," kata Eddy Hiariej, Jumat (26/5/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas