Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri Klaim 500 Kasus TPPO Sudah Ditindak Sejak 3 Tahun Terakhir, 500 Tersangka Masuk Bui

Polri mengklaim telah menindak 500 kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) selama tiga tahun terakhir yakni dari 2020 hingga 2023.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Polri Klaim 500 Kasus TPPO Sudah Ditindak Sejak 3 Tahun Terakhir, 500 Tersangka Masuk Bui
Tangkapan layar kanal YouTube Seleb Oncam
Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (kiri). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri mengklaim telah menindak 500 kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) selama tiga tahun terakhir yakni dari 2020 hingga 2023.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut sebanyak 500 orang juga telah ditindak dengan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu.

"Penanganan kasus oleh Polri ada sekitar 500 lebih dengan tersangka juga 500 orang dan sudah diproses hukum oleh jajaran baik Bareskrim Polri maupun jajaran di kewilayahan," kata Ramadhan seperti dikutip, Kamis (8/6/2023).

Ramadhan mengatakan jika kasus TPPO terbanyak pernah ditindak pada 2022.

Namun dia tak menyebut secara rinci berapa jumlah yang ditindak saat itu.

"Sebelumnya pada tahun 2022 terdapat kasus paling tinggi yaitu dengan modus pekerja Migran yang kita tangani dengan jumlah korban paling banyak," ungkapnya.

Baca juga: Polri Sebut akan Tindak Tegas Siapapun yang Terlibat dan Jadi Bekingan Sindikat TPPO

BERITA TERKAIT

Dalam hal ini, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah membentuk satuan tugas (satgas) tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang dipimpin Wakil Kepala Bareskrim (Wakabareskrim) Polri Irjen Asep Edi Suheri.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan Kapolri juga memerintahkan seluruh Polda untuk membentuk Satuan Tugas Daerah (Satgasda) TPPO yang nantinya akan dipimpin oleh Wakapolda masing-masing

"Ditindaklanjuti di setiap Polda membentuk Satgasda TPPO dipimpin Wakapolda," ujarnya.

Selain itu, Sandi sendiri juga ditunjuk untuk melakukan monitoring terkait perkembangan penanganan kasus TPPO tersebut.

"Humas memonitor hasil pemetaan dan pengungkapan TPPO baik dari satgas pusat dan daerah, serta memitigasi informasi tersebut ke teman-teman media," ungkapnya.

Belakangan, Polri kini tengah memburu lima terduga bandar TPPO yang telah dilaporkan oleh Kepala Badan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani.

"Ya sudah diburu. Tapi kalau disebutkan orangnya kan lari. Makanya kemarin sempat kita buru, gara-gara disebutkan namanya, ya intinya TPPO ini menjadi atensi serius pemerintah," kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto usai acara di kantor Kementerian Keuangan Jakarta Pusat pada Selasa (6/6/2023).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas