Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puan Maharani Respons Sistem Pemilu Proporsional Terbuka: PDIP Taat Konstitusi, Sudah Siap Laksankan

Puan Maharani merespons keputusan Mahkamah Konstitusi soal sistem Pemilu proporsional terbuka, sebut PDIP taat konstitusi.

Penulis: Rifqah
Editor: Daryono
zoom-in Puan Maharani Respons Sistem Pemilu Proporsional Terbuka: PDIP Taat Konstitusi, Sudah Siap Laksankan
Tribunnews.com/ Mario Sumampow
Konferensi Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Hutan Kota, Senayan Minggu (18/6/2023) - Puan Maharani merespons keputusan Mahkamah Konstitusi soal sistem Pemilu proporsional terbuka, sebut PDIP taat konstitusi. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani merespons keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sistem Pemilihan Umum (Pemilu) tetap menggunakan proporsional terbuka.

Sebelumnya, MK resmi memutuskan sistem Pemilu 2024 tetap dilaksanakan menggunakan proposional terbuka.

Mengenai hal tersebut, PDIP akan taat konstitusi dan mengikuti apa yang sudah diputuskan oleh MK mengenai pelaksanaan Pemilu.




"Terkait dengan keputusan MK, PDI Perjuangan taat konstitusi. PDI Perjuangan mengikuti apa yang menjadi keputusan dari pelaksanaan Pemilu," ungkap Puan dalam konferensi pers setelah pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dikutip dari YouTube Kompas TV, Minggu (18/6/2023).

Dikatakan Puan, PDIP pun sudah siap melaksanakan sistem Pemilu proporsional terbuka seperti pada Pemilu sebelumnya.

"Kalau sebelumnya terbuka, kami siap dan sudah melaksanakan keputusan tersebut pada Pemilu-pemilu yang lalu," katanya.

Baca juga: MK Putuskan Sistem Pemilu 2024 Proporsional Terbuka, Ini Harapan AHY

BERITA TERKAIT

Puan pun menjelaskan, sebelumnya, PDIP memang satu-satunya partai yang tidak ikut menolak akan kabar mengenai MK menerapkan sistem Pemilu proporsional tertutup, hal tersebut karena PDIP hanya mengikuti apapun keputusan MK dan akan menaatinya.

"Jadi, kalau sekarang diputuskan lagi proporsional terbuka, kami pun ikut. Karena menurut PDI Perjuangan, apapun keputusan yang diputuskan, kami akan taat konstitusi dan mengikuti keputusan tersebut," ujarnya.

Semua partai juga akan mengikuti peraturan yang diputuskan oleh MK itu dan masing-masing partai sudah mempersiapkan Pemilu dengan sistem proporsional terbuka.

"Tentu saja semua partai politik akan mengikuti keputusan tersebut (proporsional terbuka), insyaallah semuanya akan mempersiapkan partainya masing-masing untuk mengikuti proporsional terbuka ini di semua partainya," pungkas Puan.

Kelemahan Sistem Proporsional Terbuka

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman bersama Hakim MK lainnya menggelar sidang pleno pembacaan putusan terkait gugatan sistem Pemilu, di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023) - Puan Maharani merespons keputusan Mahkamah Konstitusi soal sistem Pemilu proporsional terbuka, sebut PDIP taat konstitusi.
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman bersama Hakim MK lainnya menggelar sidang pleno pembacaan putusan terkait gugatan sistem Pemilu, di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023) - Puan Maharani merespons keputusan Mahkamah Konstitusi soal sistem Pemilu proporsional terbuka, sebut PDIP taat konstitusi. (TRIBUNNEWS/JEPRIMA)

Sebelumnya, dalam penyampaikan putusan soal sistem Pemilu, MK juga membeberkan beberapa kekurangan dari sistem Pemilu proporsional terbuka.

Beberapa kekurangan tersebut diantaranya adalah mempunyai kelemahan soal pendidikan politik oleh partai politik (parpol) yang tidak optimal.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas