Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan

KPK terima dan tindaklanjuti laporan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in KPK Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bersama istri, Sonya Fatmala memberikan keterangan kepada media seusai menghadiri akad nikah Sahrul Gunawan dan Dine Mutiara Aziz di Gedong Putih, Jalan Sersan Bajuri, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (6/5/2023). Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan resmi menikah dengan CEO AMC Hospital, Dine Mutiara Aziz dengan mahar atau maskawin berupa 1 karat berlian dan 100 gram emas. KPK terima dan tindaklanjuti laporan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima laporan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Juru Bicara KPK Ali Fikri memastikan pihaknya sedang menindaklanjuti laporan dimaksud. 

Saat ini lembaga antirasuah tengah menelaah laporan masyarakat tersebut.

"Ya kan masih ada proses di pengaduan masyarakat kan. Di proses pengaduan masyarakat itu ada proses. Saya harus verifikasi dan telaah kordinasi dengan pelapornya dan sebagainya," kata Ali, Rabu (5/7/2023).

Hasil penelaahan nantinya akan menentukan status laporan itu.

Apakah ditingkatkan ke tahap penindakan atau hanya ada di tahap pencegahan.

"Nah nanti seperti apa hasilnya, apakah kemudian memenuhi standar dari laporan yang itu ditindaklanjuti pada proses apakah itu penindakan, pencegahan ataupun penyidikan," kata Ali.

BERITA TERKAIT

Yang pasti, dikatakan Ali, setiap laporan masyarakat tidak bakal disia-siakan.

Data-data dari laporan masyarakat itu bisa digunakan dalam startegi KPK memberantas korupsi.

"Saya kira ya poinnya laporan masyarakat tidak ada yang sia-sia, bagi kami itu akan digunakan dalam rangka untuk pemberantasan korupsi dengan strategi tadi itu. Nanti ditunggu hasilnya seperti apa kan kami pasti akan sampaikan," katanya.

Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (27/7/2021). Hengky Kurniawan diperiksa sebagai saksi untuk mantan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dalam kasus korupsi terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020. Tribunnews/Irwan Rismawan
Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (27/7/2021). Hengky Kurniawan diperiksa sebagai saksi untuk mantan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dalam kasus korupsi terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Dikutip dari Tribun Jabar, Aktivis Pemuda Bandung Barat melaporkan Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan ke KPK, Kamis (11/5/2023).

Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat, Bilal Al Fariz menyampaikan bahwa pihaknya ingin mendorong KPK untuk melakukan penyidikan serta penyelidikan atas laporan mereka terkait dugaan tindak korupsi dari kegiatan rotasi, mutasi, dan promosi.

"Dugaan permainan (rotasi jabatan) dillakukan pejabat tinggi di Pemkab Bandung Barat. ASN juga bisa lompat pangkat jika memenuhi atau memberi sejumlah permintaan," katanya, Kamis (11/5/2023).

Bilal menambahkan, permainan rotasi mutasi jabatan itu, mencontohkan dari eselon 4A bisa ke eselon 3B, atau sekelas kepala seksi atau Subag ke jabatan sekretaris kecamatan dan kepala bidang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas