Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rumput Stadion JIS Disebut Tak Sesuai Standar, Jubir Anies: Ada Baiknya Penilaian Dilakukan FIFA

Kontroversi seputar renovasi Jakarta International Stadium (JIS) oleh pemerintah pusat menjelang Piala Dunia U17 terus bergulir.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Rumput Stadion JIS Disebut Tak Sesuai Standar, Jubir Anies: Ada Baiknya Penilaian Dilakukan FIFA
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said menanggapi kontroversi seputar renovasi Jakarta International Stadium (JIS) oleh pemerintah pusat menjelang Piala Dunia U17 terus bergulir. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W. Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kontroversi seputar renovasi Jakarta International Stadium (JIS) oleh pemerintah pusat menjelang Piala Dunia U17 terus bergulir.

Terbaru Stadion JIS yang dibangun saat Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dinilai rumputnya tidak standar FIFA.

Juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan ia menghargai niat pemerintah untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan fasilitas olah raga, terlebih yang akan menjadi venue ajang perhelatan internasional.

“Tetapi akan elok bila aspek kompetensi dan otoritas menjadi pegangan. Dalam hal ini, bila mau menilai apakah sesuai standar FIFA atau tidak, ya sebaiknya penilaian dilakukan oleh FIFA sendiri, bukan oleh pejabat pemerintah.” kata Sudirman Said dalam keterangannya, Rabu (5/7/2023).

Terlebih dikatakannya dalam urusan rumput stadion yang dianggap tidak sesuai standar.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Bicara Polemik Stadion JIS: Niatnya Supaya Bisa Dipakai Piala Dunia U-17

BERITA REKOMENDASI

“Publik bertanya, mengapa pejabat negara mendengarkan pandangan dari kontraktor rumput. Bukankah ini sinyal adanya benturan kepentingan, yang menjurus perilaku koruptif?" jelasnya.

Diberitakan sebelumnya Jakarta International Stadium atau Stadion JIS diajukan menjadi salah satu Venue untuk menggelar Piala Dunia U17 pada November mendatang.

Guna memastikan kelayakan dari seluruh aspek, Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta jajaran lainnya seperti Jasa Marga, PT KAI juga turut hadir dalam peninjauan ini.

Baca juga: Turut Tinjau Stadion JIS, Jakmania Beri Saran Perbaikan Sirkulasi Udara di Tribun dan Akses Penonton

Setelah ditinjau ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi Stadion JIS, salah satunya soal rumput.

Chairman Karya Rama Prima, Qamal Mustaqim yang ahli di bidang rumput menjelaskan bahwa rumput yang digunakan di Stadion JIS tidaklah standar FIFA.

Sehingga dalam waktu tiga bulan ini, pihaknya bakal membenahi dengan teknis khusus yang telah disiapkan.

“Rumput jenis di sini Jabonica cuman ditanam di karpet sintetis. ini masalahnya. Medianya dangkal jadi akar tidak tembus ke bawah. Rumput itu makhluk hidup butuh sinar dan air. Air tidak terpenuhi karena akarnya dangkal, matahari juga tidak cukup,” kata Qamal di Stadion JIS, Sunter, Jakarta Utara, Selasa, (4/7/2023).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas