Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Besok - BMKG: 13 Wilayah Diperkirakan Alami Hujan Lebat pada Selasa, 25 Juli 2023

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem besok Selasa (25/7/2023), waspada 13 wilayah diperkirakan mengalami hujan lebat.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Cuaca Besok - BMKG: 13 Wilayah Diperkirakan Alami Hujan Lebat pada Selasa, 25 Juli 2023
Pixabay/Pexels
Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem besok Selasa (25/7/2023), waspada 13 wilayah diperkirakan mengalami hujan lebat. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem besok, Selasa (25/7/2023).

Waspada 13 wilayah diperkirakan mengalami hujan lebat yang dapat disertai angin.

Dilansir laman resmi BMKG, Siklon Tropis Doksuri terpantau di perairan timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum 75 knot (135 km/jam) dan tekanan udara minimum 965 hPa yang bergerak ke arah barat barat laut.

Intensitas siklon tropis tersebut diprakirakan menguat dalam 24 jam ke depan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Jawa Barat Selasa, 25 Juli 2023: Garut Berawan Tebal, Sukabumi Hujan Ringan

Sistem tersebut menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) yang memanjang di Filipina bag tengah, perairan utara Sulawesi Utara - Maluku Utara dan perairan timur Filipina serta daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Laut Sulu hingga Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet serta konvergensi tersebut.

Selain itu, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Kep.Bangka Belitung.

BERITA REKOMENDASI

Daerah Perlambatan Kecepatan Angin (Konvergensi) terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari perairan selatan Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, di NTT, dari Teluk Bone hingga Selat Makassar, dari Sulawesi Tengah hingga Laut Sulawesi, di perairan utara Papua Barat dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Peningkatan Kecepatan Angin Permukaan > 25 knot terpantau di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Laut Seram, yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang laut di wilayah perairan sekitarnya.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari bmkg.go.id:

Baca juga: BMKG Ingatkan Ancaman Gagal Panen dan Kebakaran Hutan Imbas El Nino

Selasa, 25 Juli 2023

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas