Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gus Yahya: NU Harus Jadi Solusi Bagi Persoalan Masyarakat

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil meminta agar semua lembaga di bawah NU tidak melaksanakan program sendirian melainkan menggandeng pihak lain.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Gus Yahya: NU Harus Jadi Solusi Bagi Persoalan Masyarakat
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil bersama Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Tyovan Ari Widagdo saat pembukaan Rakernas LP-PBNU bertajuk 'Membumikan Ekonomi Nahdlatul Ulama’ di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/7/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil meminta agar semua lembaga di bawah NU tidak melaksanakan program sendirian melainkan menggandeng pihak lain untuk diajak kerja sama.

Mandiri, kata Gus Yahya, tidak berarti semua harus dikerjakan sendiri.

Hal itu disampaikan Gus Yahya saat sambutan dalam pembukaan Rakernas LP-PBNU bertajuk 'Membumikan Ekonomi Nahdlatul Ulama’ di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/7/2023).

“Jangan sampai lembaga terlihat sibuk ke sana ke mari meminta sumbangan. Kesibukan yang terlihat haruslah kesibukan membangun kerja sama yang bermartabat dengan pihak lain untuk mencari solusi bagi persoalan yang dihadapi masyarakat,” kata Gus Yahya.

Menurut Gus Yahya, kerja sama yang bermartabat dengan pihak lain sangat dibutuhkan agar program-program yang dicanangkan bisa tereksekusi dengan cepat. Selain bermartabat, kerja sama mesti saling menguntungkan.

Sebelum kerja sama, Gus Yahya berharap, lembaga-lembaga memandang semua masalah yang dihadapi masyarakat dengan jernih. Dari masalah-masalah itulah kemudian dicarikan solusi.

Baca juga: Dukungan dari PBNU Dinilai Makin Meningkatkan Peluang PAN Lolos Parlemen

“Sehingga program-program yang dicanangkan tidak hanya bagus di atas kertas tapi juga mesti ada hasilnya atau berdampak ke masyarakat,” ucap dia.

BERITA TERKAIT

Gus Yahya yakin, NU bisa menjalankan program-program yang baik dan menjadi solusi bagi masyarakat. Sebab, NU memiliki instrumen yang lengkap hingga ke bawah.

“Syaratnya tadi itu identifikasi masalah yang dihadapi masyarakat, carikan solusi riil, dan jalin kerja sama untuk mengatasinya,” terang Gus Yahya.

Sementara, Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Tyovan Ari Widagdo menyebut, untuk mengatasi sejumlah persoalan yang dihadapi masyarakat, lembaganya mencanangkan tiga program.

Baca juga: Soroti Pertemuan PBNU dan Muhammadiyah Jelang Pemilu, Wapres Minta Ormas Cegah Polarisasi

Tiga program itu bakal menjadi pengembangan LPNU untuk terus meningkatkan ekonomi bagi warga Nahdliyin.

"Tiga pilar itu yakni menyangkut pemberdayaan ekonomi keumatan, pemberdayaan ekonomi perkumpulan, dan pemberdayaan ekonomi pesantren," kata Tyovan.

Tyovan menjelaskan, untuk pemberdayaan ekonomi keumatan LPNU bakal konsen mencari akses pekerjaan hingga pemberdayaan UMKM warga Nahdliyyin.

Untuk memudahkan warga Nahdliyin mendapatkan informasi tentang pekerjaan, LPNU bakal menggunakan teknologi terkini. Penggunaan teknologi ini sangat penting agar warga Nahdliyin bisa dengan cepat mengakses semua informasi pekerjaan yang tersedia sehingga tercipta ekosistem yang kondusif.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas