Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bamsoet Paparkan Kesiapan MPR Selenggarakan Sidang Tahunan 2023

Bamsoet menjabarkan, Sidang Tahunan MPR RI akan diselenggarakan dalam satu rangkaian sidang bersama DPR RI dan DPD RI yang akan dihadiri 1549 undangan

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Bamsoet Paparkan Kesiapan MPR Selenggarakan Sidang Tahunan 2023
Istimewa
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. MPR RI akan menggelar acara Sidang Tahunan yang akan diselenggarakan pada Rabu 16 Agustus 2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) akan menggelar acara Sidang Tahunan MPR RI yang akan diselenggarakan pada Rabu 16 Agustus 2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet menjabarkan, Sidang Tahunan MPR RI akan diselenggarakan dalam satu rangkaian sidang bersama DPR RI dan DPD RI yang akan dihadiri lebih kurang 1.549 undangan.

Antara lain Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden, mantan Ketua MPR/DPR/DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR yang terdiri dari DPR dan DPD, para Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri.

"Kemudian ketua umum partai politik yang mewakili keterwkilan DPR dengan masing-masing koalisinya, kemudian raja-raja Nusantara, ketua ormas keagamaan dan perwakilan teladan dari seluruh Nusantara," kata Bamsoet di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Bamsoet mengungkapkan, agenda pokok Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR/DPD Tahun 2023, adalah pidato Presiden Republik Indonesia tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

"Pokok acara sidang tahunan MPR kurang lebih sebagai berikut: Pertama, adalah pembukaan sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD oleh Ketua MPR; Kedua, pidato pengantar ketua MPR dalam rangka sidang tahunan MPR; Ketiga, pidato pengantar ketua DPD dalam rangka sidang bersama DPR dan DPD; Keempat, pidato Presiden dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia; Kelima adalah, pembacaan doa, persembahan lagu-lagu daerah; Terakhir adalah, penutupan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD oleh ketua DPD," ujar Bamsoet.

BERITA TERKAIT

"Kemudian setelah itu kita break lalu dilanjutkan dengan penyampaian Nota Keuangan pemerintah di dalam Sidang Paripurna DPR RI," imbuhnya.

Lebih lanjut Bamsoet memastikan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh MPR untuk memastikan agenda Sidang Tahunan MPR 2023 berjalan lancar dan sukses.

"Antara lain melalui rapat pimpinan majelis pada tanggal 8 Agustus 2023 dan pertemuan konsultasi majelis dengan presiden Republik Indonesia pada tanggal 9 Agustus yang lalu dan untuk memantapkan persiapan gladi bersih sidang akan dilaksanakan besok Selasa tanggal 15 Agustus jam 13.00," kata Bamsoet.

Selain agenda Sidang Tahunan MPR 2023, MPR juga akan mengadakan agenda nasional lainnya, yaitu peringatan Hari Konstitusi yang dirangkaikan dengan HUT ke-78 MPR Republik Indonesia yang akan digelar pada Jumat (18/8/2023) pukul 14.00 di Gedung Nusantara IV dengan tema "Pemilu 2004 Mewujudkan Demokrasi Konstitusional Yang Mempererat Persatuan Bangsa".

"Peringatan Hari konstitusi dan hut ke-78 MPR RI rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI dengan pokok acara: Yang pertama adalah penayangan video sejarah MPR dan kegiatan MPR; sambutan Ketua MPR; testimoni generasi Z open mic; sambutan Presiden Republik Indonesia; pembacaan doa; kemudian yang terakhir adalah penampilan Wonderland Indonesia oleh komposer muda alfy rev medley lagu-lagu daerah dan lagu nasional yang diaransemen dengan sentuhan musik elektronik," ujar Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, peringatan Hari konstitusi pada tanggal 18 Agustus merupakan juga rangkaian kesejarahan yang tidak terpisahkan dengan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni dan hari kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus.

"Tanggal 18 Agustus adalah momentum yuridis konstitusional atas kelahiran negara Republik Indonesia di tanggal yang sama Bung Karno dan Bung Hatta dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama," ujarnya.

"Kemudian Masih dalam rangka yang peringatan HUT ke-78 MPR akan diselenggarakan pagelaran wayang kulit yang akan digelar pada hari Jumat tanggal 25 Agustus malam di lapangan sepakbola DPR. Kegiatan lain stand up comedy kritik MPR pada tanggal 29 Agustus dan podcast serta kegiatan-kegiatan lain dalam rangkaian ulang tahun pada tanggal 29 agustus 2023," tandas Bamsoet.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas