Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbudristek: Kedaireka Dorong Kolaborasi Inovasi Perguruan Tinggi dan Industri

Plt. Dirjen Dikti Ristek Kemendikbudristek Prof. Nizam mengatakan Kedaireka mendorong kolaborasi inovasi antara perguruan tinggi dan dunia industri.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Kemendikbudristek: Kedaireka Dorong Kolaborasi Inovasi Perguruan Tinggi dan Industri
Ist
Plt. Dirjen Dikti Ristek Kemendikbudristek Prof. Nizam dalam Rekatalks dengan tema “Creating Impactful Innovation Through Technology for Sustainable Development”. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plt. Dirjen Dikti Ristek Kemendikbudristek Prof. Nizam mengatakan Kedaireka mendorong kolaborasi inovasi antara perguruan tinggi dan dunia industri.

Dirinya mengatakan RekaTalks memberikan ruang bagi dunia akademis untuk berinteraksi dengan praktisi industri.




"Dengan kedaireka talks diharapkan dapat lebih mendorong kolaborasi inovatif lebih besar antara dunia akademisi dan industri serta mempercepat komersialisasi teknologi di industri dan memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa," kata Nizam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nizam dalam Rekatalks dengan tema “Creating Impactful Innovation Through Technology for Sustainable Development”.

Platform Kedaireka kembali menggelar RekaTalks yang dirancang khusus untuk memberikan perspektif lebih luas kepada para akademisi di perguruan tinggi dan pelaku di dunia industri untuk berkolaborasi.

Sementara itu, Rektor IPB University Arif Satria mengatakan platform Kedaireka menjadi jembatan insan akademik perguruan tinggi bersama dunia industri saling berkolaborasi dan berinovasi.

BERITA TERKAIT

"Ini merupakan jembatan bagi industri dan perguruan tinggi guna menghasilkan inovasi-inovasi perguruan tinggi yang bisa dihasilkan untuk bisa direalisasi. Sehingga perguruan tinggi semakin memiliki impact yang tinggi terhadap industri," kata Arif.

Baca juga: Perpusnas Minta Perguruan Tinggi Tingkatkan Kemampuan Literasi Lewat Perpustakaan

Dosen IPB yang juga inovator penerima hibah kedaireka, Dr.Roza Yusfiandani mengungkapkan dirinya mendapatkan hibah kedaireka senilai Rp 1 miliar pada tahun 2021.

Dirinya menghasilkan karya inovasi rumpon portable yakni alat bantu untuk nelayan guna pmenarik ikan-ikan berkumpul disekitar sehingga para nelayan dapat langsung melakukan penangkapan ikan.

Pihaknya telah bekerja sama dengan perusahaan dan dihiliriasi oleh start up sahabat nelayan.

Rumpon portable telah digunakan di 8 provinsi di Indonesia meliputi Aceh, Lampung, Banten, Papua, Kalimantan, Kepulauan Seribu, Pelabuhan Ratu, dan Bangka Belitung.

"Kelebihan alat rumpon portable ini mudah dibawa saat naik kapal atau perahu nelayan di perairan, kemudian menggunakan frekwensi suara. Saat langsung diturunkan, suara berbunyi, yang menarik perhatian ikan berdatangan. Sehingga nelayan tinggal melakukan penangkapan," ungkap Roza.

Pada kesempatan sama, Mendikbudristek Nadiem Makarim mengutarakan dalam membentuk sinergi memanfaatkan perkembangan teknologi untuk pembangunan berkelanjutan.

"Keselarasan kolaborasi antara kalangan akademik perguruan tinggi dan dunia industri harus terus dioptimalkan. Juga proses evaluasi dan keterbukaan akan berbagai ide dan wawasan dari multi-stakeholders dari berbagai bidang," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas