Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Besok - BMKG: Wilayah Jawa Barat Berpotensi Hujan Disertai Angin pada Rabu, 23 Agustus 2023

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Rabu (23/8/2023) Jawa Barat berpotensi hujan yang dapat disertai angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Cuaca Besok - BMKG: Wilayah Jawa Barat Berpotensi Hujan Disertai Angin pada Rabu, 23 Agustus 2023
Pixabay/Pexels
Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Rabu (23/8/2023) Jawa Barat berpotensi hujan yang dapat disertai angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Rabu (23/8/2023).

Dilansir laman resmi BMKG, Sirkulasi Siklonik terpantau berada di Kalimantan bagian utara yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Kalimantan Barat hingga Laut Natuna, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Barat, dan di utara Kalimantan Utara, serta membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Pesisir barat Bengkulu hingga Selat Malaka, dari Perairan timur Sulawesi Tenggara hingga Perairan barat Sulawesi Barat, dari Laut Banda hingga Laut Seram, dari Papua Barat hingga Samudra Pasifik utara Papua Barat, dari Papua Nugini hingga Teluk Cenderawasih, dan di Samudra Pasifik utara Maluku Utara - Papua.

Daerah konfluensi lain terpantau berada di Teluk Thailand, di Papua, dan di Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Cuaca DKI Jakarta Besok, 23 Agustus 2023: Jakarta Selatan Cerah Berawan dari Pagi hingga Malam

Intrusi Udara Kering/Dry Intrusion dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Australia, Laut Arafura, dan NTT bagian selatan, yang mampu mengangkat massa udara di depan intrusi menjadi lebih hangat dan lembab yaitu di wilayah Maluku dan Papua.

Peningkatan Kecepatan Angin Permukaan > 25 knot terpantau di Laut Cina Selatan timur Vietnam, Samudra Hindia barat daya Banten, Perairan selatan Jawa, Laut Jawa, Laut Flores, Nusa Tenggara Barat, dan Laut Arafura, yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya

BERITA REKOMENDASI

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari bmkg.go.id:

Rabu, 23 Agustus 2023

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Selatan

• Kalimantan Tengah

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas