Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Didesak Megawati agar Dibubarkan, MAKI Minta KPK Jawab dengan Kinerja

MAKI meminta agar KPK mampu meningkatan kinerjanya dalam memberantas korupsi buntut desakan Megawati agar lembaga anti rasuah dibubarkan.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Daryono
zoom-in Didesak Megawati agar Dibubarkan, MAKI Minta KPK Jawab dengan Kinerja
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di Jakarta, Jumat (28/8/2020). MAKI meminta agar KPK mampu meningkatan kinerjanya dalam memberantas korupsi buntut desakan Megawati agar lembaga anti rasuah dibubarkan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memaksimalkan kinerjanya dalam pemberantasan korupsi.

Hal ini demi menjawab desakan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri yang sempat curhat ke Presiden Joko Widodo agar KPK dibubarkan lantaran dianggap sudah tidak efektif.

Awalnya, Boyamin menjelaskan pembentukan KPK adalah wujud Indonesia sebagai negara demokratis dan 'anak kandung' dari lembaga hukum lain yaitu Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Yudisial (KY).

"Bahwa penegakan hukum itu banyak dilakukan oleh instansi lembaga negara supaya check and balance, saling mengontrol, saling bersaing."

"Jadi KPK keberadaannya dibutuhkan untuk itu, jadi kalau dibubarkan rasanya kita rugi," ujarnya kepada Tribunnews.com, Selasa (22/8/2023).

Lalu, Boyamin menganggap desakan Megawati akan KPK dibubarkan harus dipandang sebagai kritik saja.

Baca juga: KPK Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Bupati Mimika Eltinus Omaleng

Sehingga, lembaga anti rasuah harus mampu membuktikan lewat kinerja dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Boyamin pun meminta agar pembuktian kinerja KPK itu tidak sekedar dari penangkapan saja tetapi ada upaya pencegahan.

"Soal kurang efektif, ya itu sebagai kritik dari Bu Megawati yang harus dijawab oleh KPK untuk supaya lebih efektif dan lebih hebat memberantas korupsi," katanya.

"Bukan hanya sekedar OTT (operasi tangkap tangan) aja tapi memberantas korupsi secara menegakan hukum dengan pasal 2 dan 3 misalnya tindakan melawan hukum, menyalahgunakan wewenang, itu juga berkaitan nantinya dengan pencegahan," sambung Boyamin.

Kemudian, Boyamin menilai dibubarkannya KPK akan sulit terealisasi lantaran adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 112/PUU-XX/2022 tentang masa jabatan pimpinan KPK berubah dari empat tahun menjadi lima tahun serta dikabulkannya gugatan batas usia pimpinan KPK yang membolehkan mereka yang belum berusia 50 tahun untuk mencalonkan diri.

Boyamin menganggap contoh produk hukum dari MK ini semakin mempersulit pembubaran KPK lantaran MK memiliki fungsi agar UUD 1945 dipatuhi oleh warga negara.

"Dengan sudah ada putusan Mahkamah Konstitusi terkait penguatan KPK, maka semakin sulit dibubarkan karena dengan putusan Mahkamah Konstitusi seakan-akan sudah diatur oleh konstitusi karena sudah dikuatkan oleh MK," tuturnya.

Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri saat memberikan kata sambutan sebelum menerima penghargaan sebagai Inspirator dan Penggerak Cegah Stunting di Indonesia di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023). Penghargaan itu merupakan kolaborasi antara Tribun Network bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh nasional yang berjasa dan peduli pada gerakan cegah stunting di Indonesia. Megawati sebagai penerima penghargaan inspirator dan penggerak cegah stunting dinilai telah berhasil menggerakkan seluruh kepala daerah di Indonesia serta para kader perempuan untuk bergotongroyong dan bersama-sama mencegah stunting. Tribunnews/Jeprima
Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri saat memberikan kata sambutan sebelum menerima penghargaan sebagai Inspirator dan Penggerak Cegah Stunting di Indonesia di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023).  (Tribunnews/JEPRIMA)

Sebelumnya, Megawati sempat curhat ke Jokowi agar KPK dibubarkan saja lantaran dianggap lembaga hukum yang tidak efektif.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas