Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

F-15EX yang Bakal Dibeli TNI AU Lebih Hebat daripada Jet Tempur F-35 Milik Singapura dan Australia?

Pesawat F-15EX dapat terbang dengan kecepatan Mach 2,5, yang menjadikannya salah satu jet tempur tercepat di dunia.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in F-15EX yang Bakal Dibeli TNI AU Lebih Hebat daripada Jet Tempur F-35 Milik Singapura dan Australia?
Kolase Tribunnews
Jet tempur F-35 dan F-15EX. Mana yang lebih kuat? Berikut spesifikasi pesawat tempur F-15EX. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari Amerika Serikat (AS).

Hal ini diumumkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Selasa (22/8/2023).

Penandatanganan kedua belah pihak dilakukan di The Boeing Company, St. Louis, Missouri, Amerika Serikat.




"Penandatanganan MoU komitmen pembelian 24 Unit Pesawat Tempur F-15EX," kata Prabowo dalam unggahan foto di akun Instagramnya @prabowo seperti dikutip, Selasa (22/8/2023).

Seperti apa sebenarnya kecanggihan pesawat tempur yang tinggal "selangkah" lagi memperkuat pertahanan udara Indonesia ini?

Apakah lebih canggih dibandingkan pesawat tempur siluman F-35 yang digunakan Singapura dan Australia?

Sebagai informasi awal, F-15EX – Eagle II adalah pesawat tempur generasi terbaru yang dikembangkan oleh Boeing untuk Angkatan Udara AS (USAF).

BERITA TERKAIT

Varian Ini adalah iterasi terbaru dari F-15 Eagle Mission Design Series dan versi upgrade dari jet tempur generasi keempat F-15.

Pesawat tempur ini merupakan varian paling canggih dari keluarga pesawat F-15 multi-peran, segala cuaca, dan siang dan malam, menampilkan keterjangkauan, kecepatan, jangkauan, kapasitas muatan senjata berat, tulang punggung digital, dan arsitektur terbuka.

F-15EX akan memberikan kemampuan untuk membawa sejumlah besar rudal untuk mendukung operasi udara sekaligus memberikan daya tembak untuk menghancurkan ancaman yang terdeteksi oleh F-35 selama operasi tempur.

Angkatan Udara Amerika Serikat sendiri bermaksud untuk mengakuisisi 144 F-15EX dari Boeing.

Wing-142 USAF di Portland akan menjadi unit operasional pertama yang menerbangkan pesawat, sedangkan Fighter Wing ke-173 diharapkan berfungsi sebagai unit pelatihan formal F-15EX pada tahun 2024.

Fitur, spesifikasi dan kecanggihan Jet Tempur F-15EX

  1. Jet tempur dua tempat duduk canggih ini memiliki panjang 19,45m, lebar 13,05m, dan tinggi 5,64m.
  2. Pesawat ni memiliki berat kosong 14.500kg sedangkan berat lepas landas maksimum pesawat adalah 37.000kg.
  3. Jet tempur ini dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik (EW) baru, sistem kokpit canggih, sensor dan radar modern, serta sistem misi terbaru dan kemampuan perangkat lunak.
  4. Layar kokpit menampilkan arsitektur sistem misi terbuka (OMS) dengan sistem manajemen pertempuran canggih (ABMS), yang memungkinkan integrasi cepat dari teknologi pesawat terbaru dan mempertahankan relevansi platform selama beberapa dekade.
  5. OMS juga akan memberikan kemampuan untuk beroperasi secara mandiri saat dalam isolasi dan terhubung kembali ke jaringan cloud global saat kondisinya memungkinkan.
  6. Pesawat akan dipasang dengan kontrol penerbangan fly-by-wire dan radar active electronically scanned array (AESA) APG-82(V)1, yang akan menawarkan jangkauan yang lebih jauh dan kemampuan lintasan multi-target yang lebih baik serta kemampuan keterlibatan presisi.
  7. Radar akan memberikan kemampuan untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan melacak beberapa target udara dan permukaan pada jarak yang lebih jauh, mendukung pengambilan keputusan yang terinformasi dan lebih cepat selama konflik.
  8. Pesawat tempur F-15EX dapat dioperasikan dalam berbagai misi, mulai dari superioritas udara, serangan darat, hingga operasi maritim.
  9. Pesawat tempur F-15EX mampu mengangkut berbagai jenis senjata, mulai dari rudal udara-ke-udara, bom, hingga senjata khusus lainnya.
  10. Pesawat dapat terbang dengan kecepatan Mach 2,5, yang menjadikannya salah satu jet tempur tercepat di dunia.
  11. F-15EX memiliki jangkauan 1.200nm yang memungkinkannya untuk menyerang target yang dalam.

F15 EX Lebih baik daripada F-35?

Jika akhirnya F-15EX bergabung dalam jajaran TNI AU, tentu akan muncul pertanyaan, mana lebih hebat dengan F-35 yang jadi andalan Singapura dan Australia?

Sebenarnya, F-35 dan F-15EX sangat berbeda dalam banyak hal sehingga membandingkan keduanya mungkin tidak masuk akal.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas