Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Selisik Pembelian Pesawat Jet Gubernur Papua Lukas Enembe

KPK menyelisik dugaan pembelian pesawat jet pribadi oleh Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe dengan memeriksa saksi Abdul Gopur, Selasa (22/8/2023).

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in KPK Selisik Pembelian Pesawat Jet Gubernur Papua Lukas Enembe
Warta Kota/Yulianto
Terdakwa Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe hadir saat menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (7/8/2023). Sidang tersebut untuk mendengarkan keterangan lima saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus perkara dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Lukas Enembe. KPK menyelisik dugaan pembelian pesawat jet pribadi oleh Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe dengan memeriksa saksi Abdul Gopur, Selasa (22/8/2023). Warta Kota/YULIANTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelisik dugaan pembelian pesawat jet pribadi oleh Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe (LE).

Hal itu didalami tim penyidik saat memeriksa saksi Abdul Gopur, Selasa (22/8/2023).

Abdul Gopur diperiksa dalam penyidikan dugaan penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Lukas Enembe.




"Abdul Gopur (Karyawan Swasta), saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain dugaan pembelian jet pribadi oleh Tersangka LE," ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (23/8/2023).

Adapun Lukas Enembe merupakan terdakwa perkara dugaan suap dan gratifikasi. 

Dia diduga menerima suap sebesar Rp45 miliar. Sedangkan untuk gratifikasinya, Lukas disinyalir menerima Rp1 miliar.

Dalam perjalanannya, KPK menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka pencucian uang.

BERITA TERKAIT

Sejumlah aset Lukas telah disita KPK. Termasuk uang dalam pecahan rupiah dan mata uang asing dengan total puluhan miliar.

Gubernur Papua Lukas Enembe Sering Naik Jet Pribadi Milik WN Singapura, Ini Pengakuan Pramugarinya

Gubernur Papua Lukas Enembe disebut sering menggunakan jet pribadi milik warga negara Singapura untuk melakukan perjalanan.

Hal tersebut terungkap berdasarkan keterangan dari seorang pramugari penerbangan pesawat jet pribadi bernama Tamara Anggraini.

Tamara Anggraini diketahui diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perihal kasus dugaan korupsi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe, Senin (3/10/ 2022).

Tamara mengungkap Lukas Enembe beberapa kali melakukan penerbangan menggunakan pesawat jet pribadi.

Kendati saat ditanyakan intensitas penerbangan serta untuk keperluan apa Lukas Enembe menggunakan pesawat itu, Tamara tidak dapat memerinci.

"Banyak banget beberapa kali (melakukan penerbangan)," kata Tamara saat ditemui awak media usai pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas