Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gerindra Sebut Kinerja KPK Sudah Bagus, Publik Dinilai Ingin Lihat Banyaknya Drama Penangkapan

Habiburokhman menanggapi usulan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar adanya pembubaran KPK, bagi Habibruokhman kinerja KPK sudah berjalan baik.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Gerindra Sebut Kinerja KPK Sudah Bagus, Publik Dinilai Ingin Lihat Banyaknya Drama Penangkapan
Kolase Tribunnews
Kolase foto tangkap tangan KPK. Sepanjang 2022, KPK melakukan 10 tangkap tangan di sejumlah daerah, hasilnya banyak kepala daerah, pejabat hingga pihak swasta yang ditetapkan sebagai tersangka. Habiburokhman menanggapi usulan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar adanya pembubaran KPK, bagi Habibruokhman kinerja KPK sudah berjalan baik. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menanggapi usulan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar adanya pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bagi Habibruokhman, kinerja KPK sudah berjalan dengan baik.

"Saya yakin Bu Mega support pemberantasan korupsi dan support KPK. Soal kinerja KPK saat ini ya saya tegaskan lagi walaupun banyak kontroversi tetapi secara garis besar baik sekali kinerja KPK saat ini," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Ia menjelaskan bahwa kinerja KPK sudah berjalan dengan baik lantaran edukasi yang dilakukan kepada partai politik sudah berjalan dengan baik. Buktinya, parpol kerap kali dilibatkan menjadi peserta edukasi.

"Pencegahan jalan, penindakan ngga surut gitu loh. Kalau dulu KPK itu hanya dikenal orang dari penindakan. Edukasi dan pencegahannya kurang maksimal. Sekarang inilah kita baru rasakan benar benar maksimal," jelasnya.

"Cuman memang publik pengen melihat drama wah banyak orang ditangkap dan lain sebagainya. Ngga hanya itu gitu loh," sambungnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa lembaga anti rasuah era Firli Bahuri dinilai lebih banyak memperhatikan sisi edukasi.

Hal ini jauh lebih berbeda dengan KPK di era kepemimpinan sebelumnya.

BERITA REKOMENDASI

"Pemberantasan korupsi itu yang paling penting itu edukasi dan pencegahan. Dan itu yang mulai berjalan. Tinggal memang ke depan saya pikir perlu terus kita pantau dan kawal bersama. Jadi enggak melihat adanya niatan Bu Mega membubarkan KPK," tandasnya.

Sebelumnya, Megawati menyampaikan usulan membubarkan KPK. Dia menilai KPK sudah tidak efektif dalam pemberantasan korupsi.

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, sudah deh, bubarin aja KPK itu Pak, jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong ces pleng,” kata Megawati saat memberikan pidato dalam acara sosialisasi buku teks utama pendidikan pancasila, di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023).

Baca juga: ICW Usul ke Megawati: Dari Pada KPK Bubar, Lebih Baik Desak Penangkapan Harun Masiku

Namun, belakangan kalimat itu diluruskan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Menurutnya, pernyataan Megawati itu justru diasumsikan berbeda. 

Megawati tak bermaksud mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk menghapus KPK.

"Itu dipelintir. Jadi pernyataan sebenarnya dari Ibu Megawati Soekarnoputri, beliau lah yang mendirikan KPK. Supaya pemberantasan korupsi itu terus menerus dilakukan, dengan segala upaya," kata Hasto ditemui di kawasan Yogyakarta, Selasa (22/8/2023) usai menghadiri acara deklarasi relawan Ganjar Pranowo dari kaum intelektual Yogyakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas