Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belasan Karyawan Toko Fesyen Langsung Teler Keracunan Gas Genset di Ruang Tak Berventilasi

Gara-gara listrik mati belasan karyawan salah satu toko fashion di Mal Lembuswana Samarinda pingsan akibat menghirup gas karbon monoksida dari genset.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Belasan Karyawan Toko Fesyen Langsung Teler Keracunan Gas Genset di Ruang Tak Berventilasi
TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA
Petugas mengevakuasi sejumlah karyawan toko pakaian di Mall Lembuswana, Samarinda, yang pingsan akibat menghirup udara karbonmonoksida dari mesin genset saat listrik PLN padam, Rabu (6/9/2023) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Rita Lavenia

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA - Gara-gara listrik mati belasan karyawan salah satu toko fashion di Mal Lembuswana Kota Samarinda pingsan akibat menghirup gas karbon monoksida yang keluar dari mesin genset, Rabu (6/9/2023).

Belasan karyawan yang mengalami keracunan gas genset terdiri dari karyawan laki-laki dan perempuan "Mereka mau absen. Shift siang," kata Tiara (20), salah seorang karyawan.




alah satu toko fashion di Mal Lembuswana Samarinda mendadak geger.

Belasan karyawannya tak sadarkan diri alias pingsan, Rabu (6/9/2023) pukul 14.00 WITA. Mereka diduga keracunan karbon monoksida yang bersumber dari genset di lantai tiga.

Petugas gabungan pun berdatangan untuk mengevakuasi para korban ke RSUD AW Sjahranie.

Ternyata bukan hanya para karyawan.

BERITA TERKAIT

Para petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Samarinda yang berdatangan untuk membantu mengevakuasi korban pun sempat mengalami penurunan kesadaran.

Beberapa petugas mengalami kejang dan harus diberi bantuan alat pernapasan.

Tidak lama berselang, sejumlah relawan lain juga mengalami sesak napas dan muntah ketika berusaha membantu proses evakuasi korban.

Budi Haryanto, salah satu staf PMI Kota Samarinda menjelaskan, saat menerima informasi tanpa menunggu waktu lama mereka langsung menuju lokasi kejadian.

Baca juga: Fakta-fakta 96 Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta Keracunan Massal saat Outbound Kampus

Siang itu mereka hanya mendapat informasi bahwa sejumlah karyawan ditemukan tak sadarkan diri di salah satu toko fashion.

Setibanya di sana, mereka bersama relawan langsung menuju lantai tiga tanpa menggunakan alat pelindung diri yang memadai.

Keracunan genset OK
Petugas PMI ikut pingsan saat mengevakuasi sejumlah karyawan toko pakaian di Mall Lembuswana, Samarinda, yang pingsan akibat menghirup udara karbonmonoksida dari mesin genset saat listrik PLN padam, Rabu (6/9/2023) sore.

"Ternyata teman kami ikut sesak napas dan muntah-muntah. Baru kami sadari kalau para korban ternyata keracunan gas genset atau karbonmonoksida," bebernya.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas