Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Andika Perkasa: Pembangunan Desa Jadi Basis Ketahanan Nasional

Andika Perkasa menegaskan pembangunan desa bisa menjadi modal penting bagi Indonesia untuk memperkuat ketahanan nasional.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Andika Perkasa: Pembangunan Desa Jadi Basis Ketahanan Nasional
Istimewa
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa saat memberikan kuliah tamu dengan tema Ketahanan Nasional Berbasis Desa di gedung Andi Hakim Nasution, IPB University pada Jumat (15/9/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menegaskan pembangunan desa bisa menjadi modal penting bagi Indonesia untuk memperkuat ketahanan nasional.

Karena itu, Andika berharap setiap elemen masyarakat baik aparatur pemerintahan, pihak swasta, maupun masyarakat umum memberikan kontribusi dala membangun desa terutama mengelola berbagai sumber daya alam yang ada di masing-masing desa.

Hal ini disampaikan Andika Perkasa saat memberikan kuliah tamu dengan tema 'Ketahanan Nasional Berbasis Desa' di gedung Andi Hakim Nasution, IPB University pada Jumat (15/9/2023).

Kuliah ini merupakan bagian dari perayaan dies natalis Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) ke-18 tahun IPB.

Selain Andika, kuliah ini dihadiri juga Rektor IPB Arif Satria, Dekan FEMA IPB University Sofyan Sjaf, Dekan lingkup IPB, peserta sekolah pemerintahan desa serta mahasiswa multistrata.

Baca juga: TPN Ganjar Bakal Libatkan Profesional hingga Pakar, Andika Perkasa Siap Terjemahkan Arahan

"Jadi saya benar-benar mendorong pemerintahan desa sebagai kekuatan kita, tapi jangan lupa sekarang ini teknologi membuat kita semua yang di desa mengalami pertumbuhan," kata Andika dalam kuliah umum tersebut.

Menurut Andika, Indonesia harus bersyukur karena memiliki sumber daya alam yang melimpah.

BERITA REKOMENDASI

Terpenting, kata dia, saat ini perlu memperkuat sumber daya manusia agar bisa mengelola sumber daya alam tersebut.

"Ketahanan nasional harus dibangun oleh setiap warga negara Indonesia karena masing-masing punya potensi. Contohnya India bisa maju, karena potensi masing-masing warganya, tidak tergantung hanya pada satu dua orang saja," kata Andika.

Baca juga: PDIP Diminta Segera Tentukan Cawapres Ganjar Pranowo, Andika Perkasa Disebut Layak

Andika juga menekankan pentingnya pemahaman terhadap potensi masing-masing desa.

Menurut dia, potensi tersebut harus diolah menjadi kekuatan nasional.

"Kita harus tau potensi kita di desa. Begitu juga kalau kita tarik ke atas pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, pemerintah nasional. Kita harus tau kekuatan kita" ujar Andika.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekologi Manusia, Sofyan Sjaf mengungkapkan bahwa terkait dengan isu-isu ketahanan nasional, pihaknya sengaja mengundang Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa sebagai narasumber dalam kegiatan ini.

Pasalnya, pihaknya menilai struktur Indonesia hampir 80 persen adalah desa dan sisanya kelurahan serta mengingat bahwa potensi sumberdaya alam juga banyak di desa.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas