Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PSI Sudah Berpikir Lolos Parliamentary Threshold Sejalan dengan Kepentingan Jokowi Usai Tak Berkuasa

Pangi Syarwi Chaniago mengungkapkan bahwa ditunjuknya Kaesang menjadi Ketua Umum PSI sejalan dengan kepentingan Jokowi pasca tak lagi berkuasa.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in PSI Sudah Berpikir Lolos Parliamentary Threshold Sejalan dengan Kepentingan Jokowi Usai Tak Berkuasa
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat jumpa pers di The Ballroom Jakarta Theater, Senin (25/9/2023). Pangi Syarwi Chaniago mengungkapkan bahwa ditunjuknya Kaesang menjadi Ketua Umum PSI sejalan dengan kepentingan Jokowi pasca tak lagi berkuasa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengungkapkan bahwa ditunjuknya Kaesang menjadi Ketua Umum PSI sejalan dengan kepentingan Jokowi pasca tak lagi berkuasa.              

Diketahui Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi menunjuk Putra Bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI.         

Keputusan itu diputuskan saat Kopdarnas PSI pada Senin (25/9/2023) malam.

"Saya pikir memang PSI sudah berpikir bagaimana cara untuk lolos ambang batas parlemen. Dan itu ada titik persamaan kepentingan dengan Pak Jokowi setelah tidak lagi berkuasa," kata Pangi dikutip Selasa (26/9/2023).

Ia melanjutkan tentu Jokowi termasuk presiden yang tidak punya partai yang mungkin akan melindungi beliau dikemudian hari.           

"Maka sangat wajar Pak Jokowi juga sudah bicara tentang masa depan beliau setelah tidak lagi jadi presiden, dengan menjadikan berupaya agar PSI ini lolos ambang batas parlemen," sambungnya.

Kemudian dikatakan Pangi yang jelas Jokowi tentu saja punya saham nanti di PSI. Hal itu menurutnya sangatlah penting, 

BERITA REKOMENDASI

"Saya tidak mengatakan bahwa PDIP masa lalu dan PSI masa depan bagi Pak Jokowi, tidak. Tapi nampaknya Pak Jokowi akan main dua kaki. Satu kaki di PDIP, satu kaki di PSI," kata Pangi.

"Syukur-syukur kalau nanti PSI lolos ambang batas parlemen, tentu pak Jokowi punya saham, Presiden Jokowi akan punya partai walaupun tidak lagi presiden," tutupnya.

Baca juga: Rocky Gerung: Kaesang Ketua Umum PSI, Manuver Politik Jokowi ke PDIP Menolak Status Petugas Partai

Sebelumnya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi menunjuk Putra Bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI

Kopdarnas PSI yang bertajuk deklarasi politik PSI tersebut digelar di Djakrta Theater, Jakarta Pusat. Acara ini pun dihadiri langsung oleh Kaesang yang ditemani sang istrinya.

"Lalu, siapa yang menjadi Ketua Umum PSI," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie dalam Kopdarnas PSI.

"Kaesang, Kaesang, Kaesang," sambut ribuan kader PSI.

Selanjutnya, PSI pun memutar rekaman yang menunjukkan teaser video Kaesang. Dalam video itu, terlihat Kaesang memakai sebuah jas berwarna merah dan bertuliskan Ketua Umum PSI.

Kemudian, Grace pun memanggil Kaesang naik ke atas panggung. Terlihat, Kaesang yang memakai kemeja kotak-kotak langsung dipanggil sebagai Ketum PSI.

"Kita sambut Ketum baru kita Kaesang Pangarep," jelas.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat pidato politik perdana di The Ballroom, Jakarta Theater, Senin (25/9/2023).
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat pidato politik perdana di The Ballroom, Jakarta Theater, Senin (25/9/2023). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Keputusan itu pun langsung disambut riuh ribuan kader PSI yang hadir dalam Kopdarnas. Mereka pun meneriakan nama Kaesang.

Adapun Giring Ganesha kini diangkat menjadi Anggota Dewan Pembina PSI. Tak hanya itu, Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka juga diangkat menjadi Anggota Dewan Pembina PSI

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas