Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Gelar Pameran Pangan Plus di Rakernas IV, Pamerkan Produk Pangan Inovatif Karya Anak Bangsa

PDIP menggelar Pameran Pangan Plus 2023 sebagai bagian dari acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP yang berlangsung di JIExpo Kemayoran.

Editor: Content Writer
zoom-in PDIP Gelar Pameran Pangan Plus di Rakernas IV, Pamerkan Produk Pangan Inovatif Karya Anak Bangsa
Istimewa
Booth Sagolicious dalam acara Pameran Pangan Plus 2023 Rakernas ke-IV PDIP yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. 

TRIBUNNEWS.COM - PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Pameran Pangan Plus 2023 sebagai rangkaian dari acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/202) hingga Minggu (1/10/2023).

Ketua panitia Pameran Pangan Plus 2023 Rahmad Handoyo mengatakan, acara ini digelar bertujuan untuk menunjukkan produk pangan inovatif karya anak bangsa.

"Kami akan pamerkan bibit super unggul hingga teknologi pengolahan yang menghasilkan ragam produk turunan inovatif bernilai tambah,” kata Rahmad.

Selain itu, PDIP ingin menunjukkan kontribusinya menjadi motor penggerak percepatan membangun kedaulatan pangan, sehingga pameran ini juga mempertontonkan beragam transformasi potensi pangan daerah yang bisa menjadi produk pangan unggulan di masa depan, mulai dari budidaya padi, sorgum, porang, sagu, singkong, jagung, kelapa coklat, tebu hingga unggas ruminansia dan ikan, dan produk pangan olahan.

Baca juga: Disambut Ganjar, Megawati Ditemani Prananda Prabowo Tiba di Arena Rakernas IV PDIP

Tidak hanya produk pangan, produk UMKM seperti pakaian juga turut ditampilkan di dalam pameran ini. Pengunjung juga diajak untuk menyaksikan berbagai hasil pemberdayaan sektor makro pertanian dari tingkat hulu hingga hilir.

Pameran Pangan Plus 2023 diikuti oleh 70 persen UMKM binaan PDI Perjuangan dan 30 persen dari mitra swasta nasional. Adapun peserta terbagi dalam beberapa sektor, seperti Zona Benih dan Tanaman yang diikuti Sekolah Berkebun dan PB Trubus.

Zona Minuman dan Makanan Berbasis Tanaman Lokal diikuti oleh Eureka Cafe Store, Wardi, Kopi Walet Turatea, dan Kopi Aranio. Zona Produk Jamu Kesehatan Herbal diikuti oleh Amilatul Fadhilah dan Etty Rahayu, sedangkan Zona Produk Teknologi Pendukung Pertanian diisi oleh PT Aero Reka Angkasa (ARA) yang memproduksi Konverter Kit Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Baca juga: Produk RedMe dan UMKM Hadir di Rakernas IV PDIP, Bentuk Partisipasi Politik Lewat Jalur kreativitas

BERITA REKOMENDASI

Para kader dan pengunjung yang hadir tampak menyerbu sejumlah booth-booth atau stand dalam Pameran Pangan Plus 2023 di Rakernas IV PDIP ini. Mereka antusias melihat produk yang dipamerkan dan dijual. Sesekali terlihat mereka memborong produk yang ditawarkan, seperti terlihat salah satunya di booth bernama Sagolicius, yang menjajaki olahan makanan dari bahan dasar sagu.

Sementara itu, para penjaga booth atau stand menyambut acara ini dengan penuh antusias dan menjelaskan produk yang ditawarkannya dengan ramah. Beberapa di antara mereka bahkan berpenampilan nyentrik dengan pakaian adat dan sejumlah pernak-pernak aksesoris.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas