Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Beri Edukasi Cegah Stunting, Kepala BKKBN: Tidak Perlu Produk Asing, Cukup dengan Produk Lokal

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Hasto Wardoyo kian gencar mengedukasi masyarakat terkait pencegahan stunting.

Penulis: Yosephin Pasaribu
Editor: Content Writer
zoom-in Beri Edukasi Cegah Stunting, Kepala BKKBN: Tidak Perlu Produk Asing, Cukup dengan Produk Lokal
Dok. BKKBN
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Hasto Wardoyo saat menghadiri Pangan Expo Plus 2023 yang bertemakan "Gelar Inovasi Produk Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal" di JIEXPO Kemayoran, Sabtu (30/09/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Hasto Wardoyo semakin gencar memberikan edukasi mengenai pencegahan stunting di seluruh lapisan masyarakat.

Baru-baru ini, Hasto kembali memberikan edukasi tersebut dalam momentum Pangan Expo Plus 2023 yang bertema "Gelar Inovasi Produk Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal" di JIEXPO Kemayoran, Sabtu (30/09/2023).

Dalam sesi talkshow berjudul "Produk Pangan Olahan Bergizi dan Sehat Atasi Stunting" yang digelar di sela-sela pameran tersebut, dokter Hasto mengampanyekan tips-tips pencegahan stunting di depan audiens yang sebagian besar remaja usia sekolah.

Meluruskan pemahaman mengenai stunting, dirinya menjelaskan bahwa orang pendek belum tentu stunting, melainkan tetap butuh pemeriksaan dari dokter spesialis.

"Hati- hati adek-adek kalau ada orang pendek dan tidak cerdas, biasanya kalau sudah besar akan mudah terkena penyakit," ungkap dokter Hasto.

Dirinya menyebutkan dari beberapa penelitian, jika dibandingkan antara kelompok yang stunting dan tidak stunting, selisih pendapatannya mencapai 20 persen.

"Artinya, orang yang stunting nantinya tidak lebih produktif di usia dewasanya dan pendapatannya lebih rendah," tambahnya.

Baca juga: Fokus Utama Penanganan Balita Berisiko Stunting, Otorita Ibu Kota Nusantara Audiensi ke BKKBN

BERITA TERKAIT

Penyebab utama anak mengalami stunting dan tips mencegahnya

Oleh karena itu, dokter Hasto mensosialisasikan kepada para remaja yang hadir mengenai penyebab stunting. Ia memaparkan tiga penyebab utama anak mengalami stunting.

"Adek-adek sekalian, ada tiga penyebab utama stunting. Pertama, sub optimal nutritional yaitu kekurangan asupan. Kedua, sub optimal health artinya sewaktu kecil tidak diimunisasi, bisa juga sering diare karena jamban tidak sehat," kata dokter Hasto.

Untuk penyebab ketiga, dirinya menekankan mengenai pola asuh yang sangat menentukan kualitas pertumbuhan anak. "Kalau cara asuh atau parenting tidak bagus maka anak tidak happy, ujungnya anaknya tidak mau makan," ungkapnya.

Dokter Hasto mengajak para remaja untuk melakukan perencanaan sebelum menikah.

"Nah, untuk mencegah bayi lahir stunting, adek-adek yang perempuan sebelum nikah lakukan pemeriksaan calon pengantin (catin) di puskesmas, cek Hb, cek lingkar lengan atas minimal 23,5 sentimeter, jaga berat badan ideal," ujar dokter Hasto.

Lebih lanjut, menyinggung tema pameran yang mengangkat produk lokal, dokter Hasto juga memberikan tips cegah stunting melalui produk lokal.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas