Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

13.290 Prajurit TNI Dikerahkan Amankan KTT Archipelagic Island States Forum 2023 di Bali

Apel gelar pasukan sebagai wujud komitmen dan keseriusan dalam bidang pengamanan para pimpinan dan kepala negara dari 51 negara-negara pulau.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in 13.290 Prajurit TNI Dikerahkan Amankan KTT Archipelagic Island States Forum 2023 di Bali
Puspen TNI
Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT AIS Forum tahun 2023 di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar Bali pada Sabtu (7/10/2023). Mabes TNI dalam hal ini Kogabpadpam VVIP KTT AIS mengerahkan 13.290 prajurit TNI yang terdiri dari gabungan tiga matra dan sekira 4.286 personel Polri untuk mengamankan KTT Archipelagic Island States (AIS) Forum tahun 2023 di Bali. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes TNI dalam hal ini Kogabpadpam VVIP KTT AIS mengerahkan 13.290 prajurit TNI yang terdiri dari gabungan tiga matra dan sekira 4.286 personel Polri untuk mengamankan KTT Archipelagic Island States (AIS) Forum tahun 2023 di Bali.

Ribuan personel gabungan dari TNI–Polri tersebut melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT AIS Forum tahun 2023 untuk mengecek kesiapan personel, materil maupun sarana prasarana yang akan digunakan dalam kegiatan pengamanan KTT AIS.

Baca juga: KTT AIS 2023 Digelar 10-11 Oktober di Bali, Serukan Kolaborasi dan Sinergi Atasi Masalah Bersama

Apel tersebut juga dinyatakan sebagai wujud komitmen dan keseriusan dalam bidang pengamanan para pimpinan dan kepala negara dari 51 negara-negara pulau dan kepulauan.

Mereka terdiri dari berbagai personel Satuan Tugas yang meliputi Satgas Intelijen, Satgas Pengamanan Wilayah (Pamwil), Satgas VVIP, Satgas Passus (Pasukan Khusus), Satgasla (Satuan Tugas Laut), dan Satgasud (Satuan Tugas Udara).

Selain itu juga Satgas Bandara/Pelabuhan/Instalasi, Satgas Medis, Satgas Komlek (Komunikasi Elektronik), Satgas Pen (Penerangan), Satgas Evakuasi, Satgas VIP, dan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) Korps Musik (Korsik).

Sedangkan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk pengamanan VVIP, di antara kendaraan Jammer, Mobil Chamber, kendaraan Ops Basarnas, Smart Hunter Satgasud, J- Force Passus, Jihandak Paspampres, Baracuda Polri, kendaraan Satwa Paspampres, kendaraan taktis Anoa Paspampres, kendaraan Air Patrol, Dump Truck, dan Becho Louder.

BERITA REKOMENDASI

Inkas Passus, Baracuda Polri, Nubika Paspampres, Bushmaster Passus, Mobil Komob Satgasud, Mobil Chamber Satgasla, Sea Raider Satgasla, Mobil Kawal, Ambulance Medis, Demax Ladder Passus, Mobil BPBD, Sepeda Motor Listrik, Mobil Listrik, Water Cannon, LC Armor Passus, D Max Ladder, dan Atav Passus.

Baca juga: Kakorlantas Polri Minta Jajarannya Terampil Baca Situasi Lapangan saat KTT AIS 2023 di Bali

Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono Putra dan Kabaharkam Polri Komjen Polisi Mohammad Fadil Imran memimpin apel tersebut di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar Bali, Sabtu (7/10/2023).

Dalam amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan oleh Pangkogabwilhan II mengatakan bahwa keberhasilan dan kesuksesan penyelenggaraan KTT AIS Forum yang dilaksanakan kali pertama ini, tidak hanya akan berdampak terhadap reputasi pasukan pengamanan, melainkan juga bagi reputasi dan nama baik bangsa Indonesia di kancah Internasional.

"Mari sekali lagi kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu menjalankan tugas pengamanan di event yang penting ini," kata Yudo dalam keterangan resmi Puspen TNI dikutip Senin (9/10/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas