Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keluarga Beri Respons Soal Syahrul Yasin Limpo Terjerat Kasus Hukum di KPK: Wait and See

Adik Syahrul Yasin Limpo (SYL), Dewie Yasin Limpo enggan berkomentar lebih jauh soal kasus hukum yang diduga melibatkan sang kakak di Kementan.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Keluarga Beri Respons Soal Syahrul Yasin Limpo Terjerat Kasus Hukum di KPK: Wait and See
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (5/10/2023). Dalam keterangannya, Syahrul Yasin Limpo mengatakan telah mendatangi Polda Metro Jaya untuk menyampaikan keterangan berkait dugaan pemerasan pada 12 Agustus 2023 dan mengajukan pengunduran diri dari posisinya sebagai Menteri Pertanian. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Adik Syahrul Yasin Limpo (SYL), Dewie Yasin Limpo enggan berkomentar lebih jauh soal kasus hukum yang diduga melibatkan sang kakak di Kementerian Pertanian (Kementan). 

Dewie pun mengaku pihaknya menyerahkan semua kepada proses hukum yang sedang berjalan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan Dewie saat ditanya wartawan soal sumber yang mengungkap status hukum SYL saat ini.

"Saya no comment saya. Kita ikuti saja proses hukumnya kayak apa. Kalau saya kan saya tidak terlalu bagaimana menjawab itu. Kita ikuti saja proses hukum dulu ya," kata Dewie saat ditemui disela-sela acara Simposium Kebangsaan dan Rapimnas Pengurus Besar Forum Ulama dan Aktivis Islam (PB Formula) di Gedung Smesco, Jakarta, Senin (9/10/2023). Di mana, Dewie selaku Ketua Panitia acara tersebut.

Mantan anggota DPR RI ini pun mengaku sama seperti wartawan yang menunggu proses hukum terhadap SYL.

"Saya juga sama dengan Anda, kan kita tunggu saja. Wait and see," ucap dia.

BERITA TERKAIT

Sementara, saat ditanya respons mengenai KPK yang menuding ada serangan balik terhadap pimpinan usai rumah Syahrul digeledah, Dewie enggan berkomentar.

"Terima kasih banyak," jelas Dewie.

Diberitakan sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo terseret kasus dugaan kasus korupsi penempatan pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) yang kini sedang disidik KPK. 

Karena kasus itu, SYL mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai menteri pertanian.

KPK mengaku telah menemukan tiga klaster terkait dugaan korupsi di lingkungan Kementan. Yang diselidiki saat ini merupakan klaster pertama.

Puluhan pihak terkait telah diklarifikasi dalam proses penyelidikan dugaan kasus korupsi tersebut. Satu di antaranya ialah Syahrul Yasin Limpo.

Berdasarkan informasi hasil gelar perkara yang diterima Tribunnews.com, pimpinan KPK menyepakati SYL dan dua pejabat Kementan lainnya sebagai tersangka.

Status tersangka itu pun sudah dikonfirmasi Menko Polhukam Mahfud MD.

Baca juga: Saut Situmorang Imbau Jokowi Nonaktifkan Sementara Firli Bahuri Imbas Kasus Dugaan Pemerasan ke SYL

Di tengah kabar itu, muncul juga isu baru, yakni Ketua KPK Firli Bahuri diduga memeras Syahrul terkait penanganan kasus korupsi itu. Kasus dugaan pemerasan ini tengah diperiksa oleh Polda Metro Jaya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas