Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pamit SYL ke Jokowi di Istana: Lapor Hasil Kinerja dan Penghargaan hingga Janji Jalani Proses Hukum

SYL sampaikan isi pertemuan tertutupnya selama satu jam di Istana Kepresidenan Jakarta pada Minggu malam, (8/10/2023) bersama Presiden Jokowi.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pamit SYL ke Jokowi di Istana: Lapor Hasil Kinerja dan Penghargaan hingga Janji Jalani Proses Hukum
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu malam, (8/10/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Minggu malam, (8/10/2023).

Pertemuan yang digelar di ruang kredensial, Istana Merdeka tersebut berlangsung tertutup. Pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih satu jam.

SYL mengatakan pada pertemuan tersebut ia pamit kepada Presiden Jokowi dari Kabinet Indonesia Maju (KIM).




"Menyampaikan terima kasih sekaligus pamit pada Pak Presiden karena tidak dapat membantu beliau sampai akhir masa jabatannya," kata SYL dalam keterangan tertulisnya.

SYL menyampaikan terimakasih kepada Presiden Jokowi yang memberikan kepercayaan menjadi bagian dalam pemerintahan.

Kepercayaan tersebut telah ia jalankan sebaik mungkin.

"Saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pak Presiden yang menunjuk Saya sebagai Menteri Pertanian sejak 23 Oktober 2019 lalu. Saya anggap itu kepercayaan dan tugas yang harus Saya jalankan sebaik-baiknya untuk mengurus Pertanian di Republik ini agar lebih bermanfaat bagi Rakyat Indonesia," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Dalam kesempatan tersebut SYL juga menyampaikan laporan kinerjanya selama menjabat sebagai Mentan kepada Presiden Jokowi.

Selain itu ia juga menyampaikan sejumlah prestasi dan penghargaan yang berhasil diraih selama menjadi Mentan.

"Sebagai bentuk pertanggung-jawaban Saya pada Bapak Presiden sekaligus pertanggung-jawaban pada Rakyat Indonesia, tadi Saya sampaikan berkas laporan pertanggungjawaban sebagai Menteri Pertanian RI yang menjabat sejak 2019 sampai dengan 2023. Dan resume kinerja tersebut, juga Saya sampaikan pada seluruh Rakyat Indonesia melalui teman-teman media, dengan judul: Kinerja dan Penghargaan Kementerian Pertanian 2019-2023," katanya.

Pada pertemuan, SYL juga menyampaikan mengenai proses hukum kasus yang menjeratnya kepada Presiden.

SYL menyampaikan bahwa proses hukum tersebut akan ia jalani secara kooperatif. Ia juga menyinggung soal pemberantasan korupsi yang diharapkan semakin kuat dan tidak dicampuri kepentingan politik praktis.

"Tentang Proses hukum yang sedang berjalan ini, Saya sampaikan bahwa Saya akan menghadapi hal tersebut secara koperatif. Hukum memberikan hak pada kita yang dituduh melakukan sesuatu untuk membuat pembelaan yang sebaik-baiknya. Hal tersebut akan saya lakukan yang tentu saja dengan penghormatan terhadap hukum yang berlaku," katanya.

"Demikian, Saya sampaikan hal ini pada seluruh masyarakat Indonesia. Saya berharap semoga ke depan Pertanian Indonesia menjadi jauh lebih baik dan bermanfaat bagi seluruh Rakyat Indonesia. Semoga ke depan upaya penegakan hukum dan pemberatasan korupsi lebih kuat dan dilakukan secara bersih, serta tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik praktis," pungkasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu malam, (8/10/2023).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu malam, (8/10/2023). (Tribunnews.com/Taufik Ismail)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas