Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Program Akselerasi Swasembada Gula Nasional, Petani Dapat Fasilitas Benih Unggul Tebu

upaya percepatan swasembada gula nasional, melalui sosialisasi, pertemuan, pembinaan, penguatan regulasi, kolaborasi dan kerja sama

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Program Akselerasi Swasembada Gula Nasional, Petani Dapat Fasilitas Benih Unggul Tebu
Istimewa
P3GI Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia, Pasuruan, Jawa Timur, Rabu 18 Oktober 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, melakukan upaya percepatan swasembada gula nasional, melalui sosialisasi, pertemuan, pembinaan, penguatan regulasi, kolaborasi dan kerja sama dengan seluruh stakeholder komoditas tebu.

Hal itu sebagai upaya menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) No 40/2023 tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Nabati (Biofuel)

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah, dalam keterangannya Jumat (20/10/2023).

"Kementerian Pertanian juga memiliki tugas dalam meningkatkan pembinaan, bimbingan teknis, dan pendampingan kepada petani tebu dalam rangka peningkatan produksi, produktivitas, dan mutu tebu giling yang berdaya saing, dan meningkatkan akses pendanaan melalui lembaga keuangan kepada petani tebu," ujarnya.

Bentuk penguatan yang dilakukan satu diantaranya adalah memfasilitasi penandatanganan MoU P3GI dengan PT. Pabrik Gula Rajawali I, PT. Pabrik Gula Rajawali II, dan Gabungan Produsen Gula yang disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Perkebunan.

Terkait kerja sama riset dan pemanfaatan hasil riset perkebunan tebu untuk peningkatan produktivitas perkebunan tebu dengan ruang lingkup kegiatan riset maupun hal yang lain.

Sementara itu, Direktur PT Riset Perkebunan Nusantara, Iman Yani Harahap pada sambutannya menyampaikan bahwa, P3GI PT RPN siap mendukung swasembada gula dengan menyediakan benih unggul bersertifikat melalui kultur jaringan yang merupakan salah satu faktor penting dalam produksi tebu sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil tebu serta produksi gula. 

BERITA TERKAIT

Hal tersebut didukung oleh Kepala Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI).

Berharap hal itu mampu mewujudkan kerja sama dalam penguatan lembaga penelitian, penyedia benih, jasa pengawalan dan peneltian berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan dan memperkuat dalam upaya peningkatan produktivitas perkebunan tebu sehingga tercapainya swasembada gula nasional.

Baca juga: Akselerasi Swasembada Gula Nasional, PG Sindanglaut Dioperasikan Kembali

Direktorat Jenderal Perkebunan memberikan ruang, dukungan serta fasilitas kepada PT Riset Perkebunan Gula Indonesia P3GI untuk bekerja sama dengan pelaku usaha yang bergerak pada produksi gula, hal tersebut ditunjukkan secara nyata dengan melakukan kunjungan ke kantor P3GI, Pasuruan Jawa Timur. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas