Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jejak Karier hingga Deret Kasus Etik Ketua KPK Firli Bahuri, Rumahnya Kini Digeledah Polisi

Berikut kiprah Ketua KPK Firli Bahuri yang rumahnya digeledah Polisi buntut terseret kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Sri Juliati
zoom-in Jejak Karier hingga Deret Kasus Etik Ketua KPK Firli Bahuri, Rumahnya Kini Digeledah Polisi
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Ketua KPK Firli Bahuri - Berikut kiprah Ketua KPK Firli Bahuri yang rumahnya digeledah Polisi buntut terseret kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo. 

TRIBUNNEWS.COM - Polisi menggeledah rumah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di Perumahan Grand Galaxy Bekasi, Jawa Barat, Kamis (26/10/2023).

Dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV, rumah Firli digeledah sejak pukul 10.00 WIB. 

Ketua RW setempat, Irwan Irawan mengatakan selain rumah Firli, ada dua rumah lain yang juga digeledah. 

Sementara itu, Ketua RT setempat, Rony Napitupulu mengatakan Firli menyaksikan proses penggeledahan yang dilakukan kepolisian.

"Iya (menyaksikan). Beliau (Firli) ada di kediaman tapi beliau enggak ngikutin (penggeledahan), beliau ada di kediaman," kata Rony saat dihubungi, Kamis (26/10/2023).

Baca juga: Rumah Firli Bahuri Digeledah, Eks Penyidik KPK: Harus Mundur Sekarang

Kiprah Firli di KPK 

Nama Firli Bahuri dalam beberapa waktu terakhir memang disorot publik.

BERITA REKOMENDASI

Ketua KPK sejak November 2019 itu, saat ini tengah terjerat kasus dugaan pemerasan kepada mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan perkara korupsi di Kementrian Pertanian (Kementan). 

Purnawirawan Polri berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) sebelumnya juga disebut pernah melakukan pelanggaran kode etik KPK.

Dikutip dari Kompas.com, dugaan pelanggaran kode etik Firli di antaranya bertemu dengan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuang Guru Bajang (TGB) di NTB pada 12 dan 13 Mei 2018.

Kala itu KPK tengah menyelidiki dugaan korupsi kepemilikan saham PT Newmont yang melibatkan Pemerintah Provinsi NTB.

Foto terbaru yang menunjukkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di lapangan badminton bersama seorang lainnya.  Foto yang beredar sebelumnya hanya ada Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo. /foto: istimewa
Foto terbaru yang menunjukkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di lapangan badminton bersama seorang lainnya. Foto yang beredar sebelumnya hanya ada Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo. /foto: istimewa (Tribunnews.com/Danang Triatmojo)

Kemudian, KPK mencatat Firli pernah menjemput langsung seorang saksi yang hendak diperiksa di lobi KPK pada 8 Agustus 2018.

Setelah itu, KPK juga mencatat Firli pernah bertemu dengan petinggi partai politik di sebuah hotel di Jakarta pada 1 November 2018.

November 2022 lalu, Firli menuai kritik lantaran bertemu dengan Gubernur Lukas Enembe yang tengah berperkara di KPK

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas