Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wali Kota Eri Cahyadi Optimistis Surabaya Bisa Capai Zero Stunting pada 2024

Saat ini Kota Surabaya menjadi daerah dengan tingkat stunting paling rendah se-Indonesia yakni menyentuh 4 persen.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Wali Kota Eri Cahyadi Optimistis Surabaya Bisa Capai Zero Stunting pada 2024
Tribunnews.com/Domu D. Ambarita
CEO Tribun Network Dahlan Dahi (kiri) menyerahkan penghargaan Akselarator Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan sejumlah pihak. Acara yang dihadiri Wapres KH Ma'ruf Amien, berlangsung di Studio Kompas TV, Menara Kompas, Palmerah, Jakarta, Kamis (26/10/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan optimistisnya akan mencapai target zero stunting pada tahun 2024.

Saat ini Kota Surabaya menjadi daerah dengan tingkat stunting paling rendah se-Indonesia yakni menyentuh 4 persen.

Baca juga: Komitmen Entaskan Stunting, Bupati Rokan Hilir Raih Penghargaan dari Tribun Network

CEO Tribun Netowrk Dahlan Dahi memberi Penghargaan Akselerator Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem dari Tribun Network kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Beberapa kepala daerah dan mitra swasta juga mendapat penghargaan. Di tempat serupa, Wakil Presiden KH Maruf Amin mencanangkan “Inisiatif Gotong Royong untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem'. Kegiatan itu atas kerja sana Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dengan Tribun Network dan Kompas Gramedia.  (Tribun Network/Irwan Rismawan)
CEO Tribun Netowrk Dahlan Dahi memberi Penghargaan Akselerator Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem dari Tribun Network kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Beberapa kepala daerah dan mitra swasta juga mendapat penghargaan. Di tempat serupa, Wakil Presiden KH Maruf Amin mencanangkan “Inisiatif Gotong Royong untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem'. Kegiatan itu atas kerja sana Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dengan Tribun Network dan Kompas Gramedia. (Tribun Network/Irwan Rismawan) ((Tribun Network/Irwan Rismawan))

Hal itu ia sampaikan Eri seusai menerima penghargaan Akselerator Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem dari Tribun Network pada Kamis (26/10/2023). 

"Alhamdulillah Surabaya mendapatkan perhargaan penurunan stunting dari 28 persen sampai 4 persen. Ini merupakan semangat baik bagi kami pemerintah Surabaya untuk terus menurunkan stunting bergerak sampai zero stunting," ungkap dia. 

Baca juga: Wapres: KADIN Tidak Hanya Mengentaskan Stunting untuk Pengusaha Tapi juga Anak

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, CEO Kompas Lilik Oetama, CEO KG Media Andy Budiman, CEO Tribun Network Dahlan Dahi dan para penerima penghargaan berfoto bersama saat acara Pencanangan Insiatif Gotong Royong Untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Jakarta, Kamis (26/10/2023). Kompas Gramedia bersama Tribun Network dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) melakukan pencanangan gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES) dan penghargaan akselerator penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem dengan tujuan percepatan penurunan stunting di Indonesia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, CEO Kompas Lilik Oetama, CEO KG Media Andy Budiman, CEO Tribun Network Dahlan Dahi dan para penerima penghargaan berfoto bersama saat acara Pencanangan Insiatif Gotong Royong Untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Jakarta, Kamis (26/10/2023). Kompas Gramedia bersama Tribun Network dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) melakukan pencanangan gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES) dan penghargaan akselerator penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem dengan tujuan percepatan penurunan stunting di Indonesia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Berdasar Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, angka stunting di Surabaya tercatat di level 4,8 persen (923 balita). Padahal, pada 2021 masih tercatat sebanyak 28,9 persen (6.722 balita).

Eri mengungkapkan, penurunan angka stunting di daerahnya tidak lepas dari hasil kerja keras dan kolaborasi beragam pihak.

BERITA REKOMENDASI

"Saya tentu tidak bisa sendirian. Ini merupakan kolaborasi seluruh kader di Surabaya, Perguruan Tinggi, para orangtua asuh di Surabaya," kata Eri.

Ia menceritakan, dalam upaya penurunan stunting diperlukan juga penurunan kemiskinan ekstrem.

"Kita harus membuka lapangan pekerjaan untuk keluarga miskin. Dengan itu mereka bisa menghidupi keluarga, bisa membeli makanan dan vitamin untuk anak. Inilah yang kami lakukan di Surabaya agar kasus stunting terus turun," jelas dia.

Selain itu, juga melakukan pendataan kesehatan pada calon pengantin di KUA.

Dari data inilah kemudian terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Apresiasi Peran Kompas Gramedia dan Kadin Dalam Pengentasan Stunting

"Sebelum nikah kita sudah tau kesehatannya. Juga memberikan tablet penambah darah pada remaja sebelum mereka menstruasi," tutur dia.

Lebih jauh pihaknya juga terus mengupayakan agar angka kemiskinan ekstrem terus menurun.

Dengan memanfaatkan aset pemerintah kota Surabaya yang dikembangkan menjadi pusat UMKM.

"Selain zero stunting, kami sangat ingin sekali juga mengentaskan kemiskinan ekstrem. Itulah cara pemkot Surabaya bisa menurunkan angka stunting dengan signifikan. Kami yakin bisa zero stunting di 2024," harap Eri.

Diketahui, pemerintah telah melaksanakan program percepatan penurunan stunting selama lima tahun, sejak 2018. 

Saat ini pemerintah masih punya waktu satu tahun ke depan untuk mencapai target prevalensi stunting 14 persen pada 2024. 

Pemerintah juga memastikan keterlibatan aktif berbagai lembaga non-pemerintah, seperti dunia usaha, perguruan tinggi, organisasi profesi, lembaga filantropi, mitra pembangunan, LSM, dan sebagainya. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan saat acara Pencanangan Insiatif Gotong Royong Untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Jakarta, Kamis (26/10/2023). Kompas Gramedia bersama Tribun Network dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) melakukan pencanangan gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES) dan penghargaan akselerator penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem dengan tujuan percepatan penurunan stunting di Indonesia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan saat acara Pencanangan Insiatif Gotong Royong Untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Jakarta, Kamis (26/10/2023). Kompas Gramedia bersama Tribun Network dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) melakukan pencanangan gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES) dan penghargaan akselerator penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem dengan tujuan percepatan penurunan stunting di Indonesia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas