Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BPKH Ungkap Upaya Tingkatkan Pengelolaan Dana Haji Lewat Sektor Syariah

Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengungkapkan, pihaknya merupakan salah satu pemain terbesar di dalam keuangan syariah di Indonesia.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in BPKH Ungkap Upaya Tingkatkan Pengelolaan Dana Haji Lewat Sektor Syariah
Tribunnews.com/Istimewa
Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah, saat menghadiri Konferensi Haji Internasional dalam acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Fadlul Imansyah mengungkapkan, pihaknya merupakan salah satu pemain terbesar di dalam keuangan syariah di Indonesia.

Investasi tersebut, kata Fadlul, melalui sektor perbankan maupun surat berharga utamanya sukuk atau SBSN.

Untuk meningkatkan pengelolaan dana haji, BPKH turut melakukan investasi langsung ke Arab Saudi, yakni membentuk anak perusahaan dengan nama Syarikah BPKH Limited.

"Hingga saat ini pembiayaan penyelenggaraan ibadah haji masih sangat dekat atau di pax dengan US Dollar artinya kalau ada satu instrumen yang bisa menciptakan likuiditas dan memberikan return yang optimal bagi pengelolaan keuangan haji khususnya untuk Indonesia ini akan menjadi salah satu yang opsional dan menjadi salah satu yang menarik bagi BPKH," kata Fadlul.

Hal tersebut diungkapkan oleh Fadlul Konferensi Haji Internasional dalam acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Baca juga: BPKH Akan Gelar Konferensi Haji Internasional di ISEF 2023: Bahas 2 Topik Utama

Langkah ini agar dapat memberikan manfaat finansial yang signifikan dalam hal pengembalian investasi.

BERITA TERKAIT

Mengingat potensi ekonomi dari jutaan orang yang berkumpul di Arab Saudi setiap tahun.

Nantinya, BPKH Limited akan berinvestasi untuk mendukung ekosistem haji. Mulai dari hotel, katering untuk haji dan umrah, fasilitas akomodasi, mengelola turis, jasa layanan apartemen, dan lainnya.

"Mudah-mudahan melalui cara direct investment ini bisa membuat BPKH lebih lincah kedepannya dalam rangka melakukan investasi di ekosistem haji dan umrah," tutur Fadlul.

Baca juga: Satu Tahun Sejak Jokowi Lantik Anggota BPKH 2022-2027, Kelolaan Dana Haji Dinilai Kian Akuntabel

Seperti diketahui, BPKH bekerja sama dengan Bank Indonesia menyelenggarakan Konferensi Haji Internasional dalam acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023.

Konferensi Haji Internasional menjadi platform diskusi antara pemangku kepentingan terkait tentang investasi langsung di ekosistem haji dan implementasi Governance, Risk, and Compliance (GRC) di lembaga keuangan syariah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas