Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Hari Ini - BMKG: Jawa Tengah Diperkirakan Diguyur Hujan Lebat pada Selasa, 14 November 2023

BMKG peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Selasa (14/11/2023) waspada Jawa Tengah dan Yogyakarta diperkirakan terjadi hujan lebat.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Cuaca Hari Ini - BMKG: Jawa Tengah Diperkirakan Diguyur Hujan Lebat pada Selasa, 14 November 2023
freepik.com
Ilustrasi cuaca hujan - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Selasa (14/11/2023) waspada Jawa Tengah dan Yogyakarta diperkirakan diguyur hujan lebat. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Selasa (14/11/2023).

Dikutip dari laman resmi BMKG, Bibit Siklon Tropis TD 17W terpantau di Samudra Pasifik utara Papua dengan kecepatan angin maksimum 30 Knot dan tekanan 1006.0 hPa.

Sistem ini bergerak ke arah Barat-Barat Daya dengan potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan dalam kategori tinggi.

Baca juga: BMKG: Potensi Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Barat Lampung pada Hari Ini, 14 November 2023

Selain itu, sirkulasi siklonik juga terpantau di Perairan utara Aceh dan di perairan sebelah timur Kalimantan Utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Aceh, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Laut Sulawesi dan di Sulawesi Tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari bmkg.go.id:

Selasa, 14 November 2023

BERITA REKOMENDASI

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

• Bengkulu

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas