Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

FIA UI Latih Kemampuan Siswa SMAN 5 Depok Rancang Rencana Studi dan Karir

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) melakukan kegiatan di SMA Negeri 5 kota Depok, Jawa Barat.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in FIA UI Latih Kemampuan Siswa SMAN 5 Depok Rancang Rencana Studi dan Karir
Dokumentasi FIA UI
Tim pengabdi dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) melaksanakan edukasi di SMA Negeri 5 kota Depok, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perencanaan studi dan karir jadi hal penting untuk dilakukan sejak dari bangku SMA.

Hal ini sebagai upaya memperoleh pendidikan dan pekerjaan layak di masa depan.




Perencanaan bisa membantu siswa untuk menentukan mulai dari jurusan kuliah, bidang karir sesuai minat, bakat dan kemampuannya. Dengan adanya perencanaan, setiap siswa juga akan termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri guna mencapai target tersebut.

Berkenaan dengan hal itu, tim pengabdi dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) melakukan kegiatan di SMA Negeri 5 Kota Depok, Jawa Barat.

Ketua tim pengabdi, Eva Andayani mengatakan program pengabdian masyarakat ini jadi bagian dari tridharma perguruan tinggi untuk membimbing siswa SMA mengambil keputusan tepat terkait masa depan mereka.

"Program pengabdian masyarakat ini menjadi bagian dari kegiatan tridharma perguruan tinggi yang ditujukan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap serta membimbing siswa SMA dalam mengambil keputusan yang tepat terkait masa depan mereka," ungkap Eva dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

BERITA TERKAIT

Dalam program ini, tim FIA UI memberikan penjelasan materi yang mencakup berbagai informasi terkait FIA UI, jurusan yang tersedia, bidang karir yang bisa dikejar setelah lulus, hingga pemahaman soal pentingnya mempertimbangkan minat, bakat dalam menentukan pilihan.

Adapun manfaat yang diharapkan dalam penyuluhan ini yakni para siswa bisa paham tentang pilihan yang tersedia di dunia perguruan tinggi dan karir. Sehingga mereka bisa membuat keputusan sesuai potensi dan minatnya.

"Perencanaan studi dan karir bukan hanya kewajiban formal, tetapi juga investasi dalam masa depan mereka sendiri," kata Eva.

Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Kota Depok, Supyana berharap kegiatan FIA UI ini dapat memberikan pemahaman lebih bagi para siswanya yang akan melanjutkan pendidikan dan dalam menggapai masa depan.

Pasalnya, kata dia, selama ini siswa hanya memiliki informasi terbatas soal prospek kerja secara umum dari berbagai jurusan kuliah, dan tidak mengetahui secara spesifik apa saja pekerjaan yang dapat dilakukan oleh jurusan dimaksud.

Baca juga: FIA UI Gelar Pelatihan di Surakarta Soal Pentingnya Punya Pikiran Positif

"Diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan serta mampu mendorong peningkatan kepercayaan dan motivasi Siswa SMA," ungkap Supyana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas