Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Besok - BMKG: Yogyakarta Diperkirakan Terjadi Hujan Lebat pada Sabtu, 25 November 2023

BMKG peringatan dini cuaca ekstrem besok, Sabtu (25/11/2023) waspada wilayah Yogyakarta diperkirakan terjadi hujan lebat.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Cuaca Besok - BMKG: Yogyakarta Diperkirakan Terjadi Hujan Lebat pada Sabtu, 25 November 2023
freepik.com
Prakiraan cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem besok, Sabtu (25/11/2023) waspada wilayah Yogyakarta diperkirakan terjadi hujan lebat. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem besok, Sabtu (25/11/2023).

Dikutip dari laman resmi BMKG, Bibit Siklon Tropis 99W terpantau di Laut Laut Cina Selatan dengan kecepatan angin 20kt dan tekanan 1007 hPa, sistem ini bergerak ke arah Barat - Barat Laut.

Sistem 99W ini membentuk daerah konvergensi memanjang di Laut Cina Selatan, dan di Kalimantan Utara, serta daerah konfluensi di Laut Cina Selatan dan memicu peningkatan kecepatan angin (low level jet) di Laut Cina Selatan, dan perairan timur Vietnam.

Baca juga: Gempa M 4,0 Guncang Pangandaran Siang Ini, Terasa hingga Ciamis, BMKG: Pusat Gempa di Laut

Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat bag selatan, yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Natuna hingga Kalimantan Barat, dari Lampung hingga Laut Natuna, di Laut Jawa bag barat, di Kalimantan Tengah, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat.

Daerah konvergensi lain memanjang di Laut Andaman, dari perairan Utara Papua Barat hingga Laut Sulawesi, di Sulawesi bag tengah, di Maluku dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang, dikutip dari bmkg.go.id:

BERITA REKOMENDASI

Sabtu, 25 November 2023

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas