Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prakiraan Cuaca Selasa, 28 November 2023, BMKG: 28 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Selasa, 28 November 2023, terdapat 28 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Prakiraan Cuaca Selasa, 28 November 2023, BMKG: 28 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang
web.meteo.bmkg.go.id
Data BMKG peringatan dini cuaca Selasa, 28 November 2023 - Peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Selasa, 28 November 2023, terdapat 28 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Selasa, 28 November 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat data prakiraan cuaca di sejumlah wilayah yang diperkirakan terjadi hujan lebat disertai angin.

Dari pengamatan BMKG diketahui prakiraan cuaca pada Selasa (28/11/2023), terdapat 28 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Menurut BMKG, hal itu terjadi karena sirkulasi Siklonik terpantau di Perairan Barat Brunei Darussalam, dan di sekitar Laut Filiphina yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari laut Cina selatan Utara Sistem dan perairan sebelah selatan Filipina.

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang, dari Aceh, Selat Malaka hingga Kepulauan Riau dari Sumatera Selatan hingga Kep. Bangka Belitung, dari Lampung Hingga Perairan utara Jakarta, Jawa Barat Hingga Banten, Perairan barat kalimantan Barat hingga Kalimantan Barat bagian tengah, Dari Selat Makassar hingga Sulawesi Selatan, dan dari Papua hingga Teluk Cenderawasih.

Serta daerah konfluensi di Laut Cina Selatan, Peraitan sebelah barat Sumatera bagian utara, Samudra Pasifik Utara Papua.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok Selasa, 28 November 2023: Hujan Petir di Bogor

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Simak daftar wilayah di Indonesia yang yang diperkirakan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id:

Prakiraan Cuaca di Wilayah Indonesia

Selasa, 28 November 2023

  • Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Banten

- Jawa Barat

- DI Yogyakarta

- Jawa Timur

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas