Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Contoh Teks Khutbah Jumat: Pentingnya Berpartisipasi Aktif dalam Memilih Pemimpin

Contoh khutbah Jumat dengan tema pentingnya berpartisipasi aktif dalam memilih pemimpin, sebagai warga negara punya tanggung jawab akan hal ini.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Contoh Teks Khutbah Jumat: Pentingnya Berpartisipasi Aktif dalam Memilih Pemimpin
freepik
ilustrasi debat presiden - Contoh khutbah Jumat dengan tema pentingnya berpatisipasi aktif dalam memilih pemimpin, sebagai warga negara punya tanggung jawab akan hal ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Contoh khutbah Jumat dengan tema pentingnya berpartisipasi aktif dalam memilih pemimpin.

Naskah khutbah Jumat dalam artikel ini berkaitan dengan masa kampanye pemilihan umum (Pemilu) calon presiden dan calon wakil presiden 2024.

Dalam khutbah Jumat bertema pentingnya memilih pemimpin ini akan diterangkan bahwa setiap warga negara punya tanggung jawa untuk mengangkat pemimpin.

Khotib dapat menyampaikan tentang ajaran Islam yang berkaitan dengan cara memilih pemimpin yang memiliki setidaknya empat sifat dari Rasulillah.

Adapun contoh teks khutbah Jumat ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada hari Jumat (15/12/2023).

Simak contoh khutbah jumat berikut ini, dikutip dari laman Pondok Pesantren Lirboyo.

Baca juga: Kemenag: Jemaah Haji 2024 Sudah Bisa Mencicil Pelunasan Biaya Haji

Khutbah Jumat: Pentingnya Berpatisipasi Aktif dalam Memilih Pemimpin

Khutbah 1

BERITA TERKAIT

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِتَرْك الْمَنَاهِيْ وَفِعْلِ الطَّاعَاتِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَاِبهِ الهَادِيْنَ لِلصَّوَابِ وَعَلَى التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ اْلمَآبِ.

اَمَّا بَعْدُ، فَيَااَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّوَأَنـْتُمْ مُسْلِمُوْنَ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

Persoalan pemimpin dalam Islam sangat krusial. Ia dibutuhkan dalam masyarakat atau komunitas bahkan dalam lingkup yang sangat kecil sekalipun.

Adanya pemimpin mengandaikan adanya sistem secara lebih terarah. Tentu saja pemimpin di sini bukan seseorang dengan otoritas mutlak. Ia dibatasi oleh syarat-syarat tertentu yang membuatnya harus berjalan di atas jalan yang benar.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah pernah bersabda:

إِذَا كَانَ ثَلاَثَةٌ فِي سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوا أَحَدَهُمْ

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas