Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Senangnya Jokowi Saat Ada Investor Balikpapan Berpartisipasi dalam Proyek IKN

Menurut Presiden Jokowi, nilai investasi yang ditanamkan investor lokal tersebut di IKN cukup besar, yakni mencapai Rp 3 triliun.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Senangnya Jokowi Saat Ada Investor Balikpapan Berpartisipasi dalam Proyek IKN
Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beri sambutan dalam groundbreaking Nusantara Superblock di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, (20/12/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang adanya investor lokal yang terlibat dalam proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal itu disampaikan Jokowi usai groundbreaking Nusantara Superblock di Penajam Paser Utara, Kaltim, pada Rabu, (20/12/2023).




"Siang hari ini saya sangat senang karena ada investor dari Kalimantan Timur, investor dari Balikpapan yang ikut berperan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, nilai investasi yang ditanamkan investor lokal tersebut di IKN cukup besar, yakni mencapai Rp 3 triliun.

Proyek yang dibangun juga di atas lahan yang luas mencapai 7,5 Hektar. Diantaranya yakni pusat perbelanjaan 40 ribu meter persegi, hotel bintang lima yang memiliki kapasitas 215 kamar, dan hotel bintang empat 200 kamar.

"Kemudian masih ditambah apartemen 8 tower,  kemudian office building 2 tower dan juga sekolah internasional dan tempat hiburan," kata Jokowi.

BERITA TERKAIT

Presiden berharap desain bangunan dan lingkungan dari para investor lokal di IKN tersebut tidak kalah dari investor dalam negeri lainnya.

"Saya sangat mengapresiasi investasi ini dan moga-moga dari sisi desain tidak kalah dengan investor-investor yang berasal dari Jakarta," katanya.

Baca juga: Pemerintah Alokasikan Rp 1.060 Triliun untuk Bansos hingga Bantuan Pendidikan

Hanya saja Presiden menitipkan agar desain yang dibangun di IKN memiliki konsep green building. Karena kata Presiden yang akan dibangun d Kawasan IKN adalah kawasan hijau.

"Saya titip saja satu untuk desain green building, karena yang ingin kita bangun kawasan di seluruh ibukota Nusantara ini adalag kawasan hijau, lingkungan hijau jadi konsepnya berbeda dengan kota-kota yang ada di seluruh dunia," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas