Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Divhubinter Polri Diminta Bantuan Cari Pemesan Ratusan Kendaraan Bodong yang Libatkan Prajurit TNI

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra mengatakan pemesan saat ini diketahui berada di Timor Leste.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Divhubinter Polri Diminta Bantuan Cari Pemesan Ratusan Kendaraan Bodong yang Libatkan Prajurit TNI
Tony Hermawan/TribunJatim.com
Sejumlah kendaraan bermotor yang ditemukan ditampung di markas TNI di Sidoarjo beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya masih mendalami sosok pemesan ratusan kendaraan bermotor bodong dan curian hasil penggelapan yang melibatkan prajurit TNI AD.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra mengatakan pemesan saat ini diketahui berada di Timor Leste.




Ratusan kendaraan tersebut disimpan terlebih dahulu di Gudbalkir Pusziad, Sidoarjo, Jawa Timur sebelum akhirnya dikirim ke Timor Leste.

"Setelah dimuat di Pelabuhan Tanjung Perak, selanjutnya akan diberangkatkan menuju ke Timor Leste, di mana di Timor Leste ini sudah ada pemesan yang akan menampung di sana," kata Wira kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

Baca juga: Komplotan Pedagang Mobil dan Motor Bodong Sidoarjo Raup Rp 400 Juta Per Bulan

Saat ini, kata Wira, pihaknya akan berkoordinasi dengan Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri untuk mencari pelaku tersebut di Timor Leste.

"Kami juga mencoba koordinasi nanti dengan Divhubinter untuk melakukan koordinasi nanti dengan kepolisian Timor Leste, apakah nanti kita bisa menjangkau ke arah ke sana," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Duduk Perkara Kasus

Polda Metro Jaya dan TNI berhasil mengungkap kasus penggelapan ratusan kendaraan bermotor yang disimpan di Markas Gudbalkir Pusziad, Sidoarjo, Jawa Timur.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra menyebut ratusan kendaraan tersebut nantinya akan dijual ke Timor Leste setelah disimpan di gudang milik TNI AD tersebut.

"Setelah dimuat di Pelabuhan Tanjung Perak, selanjutnya akan diberangkatkan menuju ke Timor Leste, di mana di Timor Leste ini sudah ada pemesan yang akan menampung di sana," kata Wira dalam jumpa pers, Rabu (10/1/2024).

Adapun modus pada tersangka khususnya yang warga sipil dalam mendapatkan kendaraan tersebut dengan membeli dari kreditur yang bermasalah dalam cicilannya dari sejumlah wilayah.

"Di samping itu para tersangka juga menampung beberapa kendaraan, baik roda empat maupun roda dua, yang merupakan hasil daripada kendaraan curian," ucapnya.

Wira menyebut para tersangka membeli kendaraan tanpa surat-surat tersebut dengan menggunakan identitas palsu agar tak mudah dilacak.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas