Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Lantik AHY jadi Menteri ATR dan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam di Rabu Pon

Presiden Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan AHY sebagai Menteri ATR/BPN hari ini, Rabu Pon (21/2/2024) pukul 11.00 WIB.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Presiden Jokowi Lantik AHY jadi Menteri ATR dan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam di Rabu Pon
YouTube.com/ Sekretariat Presiden
Pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2023). Inilah daftar menteri terbaru Jokowi di Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan 2019-2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua menteri hari ini, di Istana Negara, Jakarta, Rabu Pon (21/2/2024) pukul 11.00 WIB.

Mereka adalah Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Lalu, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).




Pelantikan itu Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34P Tahun 2024 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode sisa masa jabatan 2019- 2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Keppres tersebut, ditetapkan pada 20 Februari 2024.

Setelah pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Hadi Tjahjanto dan AHY.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada undang-undang dasar NKRI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara."

BERITA TERKAIT

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Presiden Jokowi membacakan sumpah yang diikuti oleh AHY dan Hadi, Rabu.

Setelah itu, Hadi dan AHY secara bergantian menandatangani berita acara yang diikuti oleh Presiden Jokowi.

Sejumlah pejabat tinggi negara tampak hadir dalam acara pelantikan ini.

Di antaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Kemudian, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung RI ST Burhanuddin.

Baca juga: Sah, Jokowi Lantik Hadi Tjhajanto Sebagai Menkopolhukam dan AHY Jadi Menteri ATR/BPN

SBY Telah Beri Restu

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Ossy Dermawan, menyebut Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah merestui AHY menjadi bagian dari pemerintahan.

"Bapak SBY sudah mendoakan dan memberikan restu untuk Mas AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan," kata Ossy, Rabu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas