Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PPAD: Penganugerahan Kenaikan Pangkat kepada Jenderal TNI Purn Prabowo Subianto Sudah Tepat

Penganugerahan pangkat jenderal kehormatan itu disampaikan Presiden Joko Widodo pada momentum Rapat Pimpinan TNI-Polri.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in PPAD: Penganugerahan Kenaikan Pangkat kepada Jenderal TNI Purn Prabowo Subianto Sudah Tepat
Ist
Sekjen PPAD, Mayjen TNI Purn Dr Komaruddin Simanjuntak. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keluarga besar PPAD (Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat) menyambut gembira penganugerahan kenaikan pangkat secara istimewa berupa “jenderal kehormatan” kepada Prabowo Subianto.

“Sebagai Menhan, beliau tidak pernah lelah mengabdi untuk kemajuan dan kemakmuran bangsanya,” ujar Sekjen PPAD, Mayjen TNI Purn Dr Komaruddin Simanjuntak S.IP, M.Sc di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Penganugerahan pangkat jenderal kehormatan itu disampaikan Presiden Joko Widodo pada momentum Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, hari ini (28/2).

Sebelum menyematkan bintang empat di pundak Prabowo, Presiden RI menegaskan, bahwa penganugerahan tersebut merupakan bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, bangsa, dan negara.

“Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto,” ujar Presiden.

Bukan hanya itu, Sekjen PPAD Komaruddin Simanjuntak juga memandang tepat, pernyataan Presiden Jokowi saat di-doorstop wartawan.

“Pak Prabowo sebelumnya sudah menerima anugerah yang namanya bintang muda dharma utama, atas jasanya di bidang pertahanan sehingga memberi kontribusi luar biasa bagi kemajuan TNI dan negara,” kata Presiden.

BERITA REKOMENDASI

Ditegaskan pula, bahwa pemberian anugerah tersebut sudah melalui verifikasi Dewan Gelar dan Tanda Jasa Kehormatan.

“Semua berangkat sesuai mekanisme mulai dari bawah. Saya mendapat usulan dari Panglima TNI, kemudian saya menyetujui kenaikan pangkat istimewa berupa jenderal TNI Kehormatan kepada Pak Prabowo,” ujar Presiden.

Penganugerahan kenaikan pangkat adalah hal yang dimungkinkan terjadi di dunia kemiliteran.

Sebelumnya, kenaikan pangkat istimewa dari bintang tiga (Letjen) menjadi bitang empat (Jenderal) juga pernah diberikan kepada Susilo Bambang Yudhoyono, Luhut Binsar Panjaitan, AM Hendropriyono, Agum Gumelar, dan lain-lain.

Sekjen PPAD membenarkan hal itu. Karenanya, penganugerahan pangkat jenderal kehormatan kepada Jenderal TNI Purn Prabowo Subianto dinilai tepat.

Hal itu, mengingat kinerja dan pengabdian Menhan ini sangat luar biasa, sehingga menjadikan Indonesia menjadi negara yang kuat dan disegani di dunia, saat ini.

“Berkat jasa Pak Prabowo, TNI dan Kementerian Pertahanan kita masuk peringkat 13 daftar negara terkuat di dunia, menurut Global Firepower. Di tangan beliau pula, TNI muncul sebagai institusi militer yang disegani dan diperhitungkan dunia,” ujar Komar Akmil 1985 yang pernah menjabat Pangdam Udayana itu.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas