Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tugas Kirim Bantuan ke Gaza Palestina Selesai, KRI Radjiman Kembali ke Indonesia dengan Selamat

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI, Muhammad Ali mengatakan saat ini KRI Radjiman sudah kembali ke Indonesia dengan keadaan aman.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Tugas Kirim Bantuan ke Gaza Palestina Selesai, KRI Radjiman Kembali ke Indonesia dengan Selamat
Dinas Penerangan TNI AL
KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) TNI AL saat bertolak menuju Tanah Air dari Dermaga El Arish, Mesir, Sabtu (17/2/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) yang tergabung dalam Satgas Port Visit Mesir 2024 selesai melaksanakan tugas mengantarkan personel untuk mengirim bantuan ke Gaza, Palestina.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI, Muhammad Ali mengatakan saat ini KRI Radjiman sudah kembali ke Indonesia dengan keadaan aman dan selamat.

Baca juga: KRI RJW-992 akan Berlayar 20 Hari Menuju Batam Usai Antar Personel yang Kirim Bantuan ke Gaza




"Saya juga mengucapkan terimakasih atas doa doa para rekan media, KRI Dr Radjiman telah selesai melaksanakan tugas dan sekarang posisinya sudah memasuki sebelah utara pintu masuk selat Malaka (Batam)," kata Ali kepada wartawan di Makoarmada RI, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2024).

"Alhamdulillah melewati laut Arab, laut merah, Teluk Aden sampai dengan Samudera Hindia dalam keadaan aman," sambungnya.

Ali mematikan jika bantuan kemanusiaan tersebut sudah terkirim untuk warga Gaza Palestina.

"Distribusi untuk material kesehatan maupun logistik untuk para korban perang di gaza ini juga sudah terkirim oleh bulan sabit merah.

Baca juga: KRI Diponegoro 365 Pimpin Latihan Bersama Kapal-kapal Perang Negara Lain di Laut Mediterania

BERITA TERKAIT

Oh iya, saya juga mengucapkan terimakasih atas doa doa para rekan media, KRI Dr Radjiman telah selesai melaksanakan tugas dan sekarang posisinya sudah memasuki sebelah utara pintu masuk selat Malaka, alhamdulillah melewati laut arab, laut merah, teluk aden sampai dengan samudera Hindia dalam keadaan aman

"Distribusi untuk material kesehatan maupun logistik untuk para korban perang di Gaza ini juga sudah terkirim oleh bulan sabit merah Mesir," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya sebanyak 242 ton bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza Palestina dari masyarakat Indonesia mulai dibongkar muat dari kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) TNI AL pada Rabu (14/2/2024).

Proses debarkasi tersebut diperkirakan akan berlangsung secara bertahap selama beberapa hari.

Kapal itu sebelumnya telah tiba dan menyerahkan bantuan dari warga Indonesia untuk korban konflik di Gaza kepada Perwakilan Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir/ERC) Ahmed Buhaeri Ali di Pelabuhan El Arish mesir pada Selasa (13/2/2024).

KRI RJW-992 merupakan kapal bantu rumah sakit TNI AL yang tergabung dalam misi kemanusiaan pengiriman bantuan untuk masyarakat sipil korban konflik di Gaza yakni Satgas Port Visit Mesir 2024.

Bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan antara lain bahan makanan, alat medis, obat-obatan, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya yang dibutuhkan oleh para korban konflik di Gaza.

Setelah bongkar muat selesai, bantuan akan dikirimkan oleh pihak ERC masuk ke Gaza melalui perbatasan Rafah.

Selanjutnya bantuan dibawa masuk dan disalurkan ke warga korban penjajahan di Gaza Palestina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas