Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengacara Muslim Sebut Aksi Kampanye Boikot Produk Israel dari YKMI Sudah Sesuai dengan Konstitusi

Pengacara Muslim Ahmad Wakil Kamal menyatakan tindakan YKMI yang mengkampanyekan boikot produk-produk terafiliasi Israel sesuai dengan konstitusi.

Editor: Vincentius Haru Pamungkas
zoom-in Pengacara Muslim Sebut Aksi Kampanye Boikot Produk Israel dari YKMI Sudah Sesuai dengan Konstitusi
istimewa
Pengacara Muslim Ahmad Wakil Kamal menyatakan tindakan YKMI yang mengkampanyekan boikot produk-produk terafiliasi Israel sesuai dengan konstitusi. 

TRIBUNNEWS.COM - Ramai pemberitaan mengenai pemboikotan produk-produk terafiliasi dengan Israel, Pengacara muslim Ahmad Wakil Kamal menyatakan tindakan Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) yang mengkampanyekan boikot produk-produk yang terafiliasi Israel sudah sesuai dengan konstitusi. 

Dalam rilis yang diterima Tribunnews, Ahmad Wakil menyebutkan bahwa tindakan tersebut sudah sesuai dengan amanat yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, yang menyatakan kemerdekaan merupakan hak segala bangsa sehingga seluruh penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. 

“Kita dilindungi oleh konstitusi untuk menyuarakan boikot produk yang terafiliasi dengan Israel seperti ini. Langkah-langkah YKMI ini luar biasa. Konstitusi juga sudah melindungi seperti yang tertuang dalam amanat Pembukaan UUD 1945 secara tegas,” ujar Ahmad Wakil saat ditemui dalam dialog publik yang bertema “Ramadhan Tanpa Dukungan Politik Genosida,” Jumat (15/3/2024). 

Selain itu, lanjut Ahmad Wakil, konstitusi negara juga turut mendorong masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk aktif dalam membantu kemerdekaan negara jajahan. Dalam konteks saat ini, Palestina adalah negara yang tengah dijajah Israel.

“Konstitusi juga mendorong kita untuk dapat memerdekakan negara yang dijajah. Ini saya kira menjadi landasan filosofis untuk membantu perjuangan saudara-saudara di Palestina,” ucapnya. 

Pakar hukum itu juga mengingatkan bahwa Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) untuk segera mengumumkan produk-produk yang terafiliasi dengan Israel secara terbuka. 

Apabila hal tersebut tidak dilakukan, katanya, YKMI akan mendesak Presiden Jokowi untuk mengeluarkan pernyataan terkait genosida yang dilakukan Israel dengan langkah yang lebih nyata sesuai konstitusi yang benar. 

Baca juga: Gerakan Boikot Massal Produk Terafiliasi Israel Jadi Momentum Brand Lokal

BERITA REKOMENDASI

“Presiden Jokowi harus mengumumkan kepada seluruh umat Islam secara terbuka untuk memboikot produk-produk yang terafiliasi dengan Israel. Kita disini mengingatkan untuk Presiden Jokowi, bahwa Presiden Jokowi sudah sungguh-sungguh tidak melaksanakan konstitusi. Seharusnya sebagai Kepala Negara bisa mengumumkan bahwa inilah produk-produk yang berafiliasi dengan Israel. Kita mesti melakukan somasi kepada Presiden Jokowi,” katanya. 

Sebelumnya, Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) secara resmi mengajak umat Islam dan konsumen muslim di Indonesia untuk mengikuti Irsyadat yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan aktif dalam menghindari penggunaan produk terafiliasi Israel mulai Ramadan 1445 Hijriah. 

Tindakan YKMI yang sesuai dengan Irsyadat MUI ini dikenal dengan gerakan #RamadhanTanpaProdukGenosida. Adapun gerakan ini dilakukan sebagai komitmen untuk melaksanakan anjuran MUI yang menghendaki umat Muslim untuk meninggalkan produk yang diproduksi perusahaan yang terafiliasi dengan Israel. 

Direktur Eksekutif YKMI Ahmad Himawan mengatakan, Kami bersama YKMI menyikapi dan melanjutkan anjuran MUI untuk melaksanakan #RamadhanTanpaProdukGenosida. 

“Berdasarkan analisa dan kajian internal kami dari berbagai sumber terpercaya, salah satunya dari website boycott.thewitness dan bdnaash, beberapa produk ini harus dihindari atau wajib diboikot mulai Ramadan 1445 Hijriah ini. Konsumen Muslim bisa menggunakan produk-produk alternatif sebagai produk pengganti,” ujar Himawan. 

Menurut Himawan, terdapat sejumlah kriteria yang menjadikan produk tersebut disebut sebagai produk-produk terafiliasi Israel atau produk genosida. 

Pertama, sebagian atau sahamnya dimiliki oleh perusahaan atau orang Isreal. Kedua, perusahaannya secara terbuka atau tersirat memberikan dukungan kepada Israel dan kejahatan Israel di Palestina. Ketiga, perusahaan ini terdaftar dalam situs-situs internasional kredibel yang memiliki data keterlibatan perusahaan-perusahaan global yang memiliki afiliasi dengan Israel, seperti boycott.thewitness dan bdnaash. 

“YKMI mengidentifikasi sejumlah produk genosida dengan sejumlah kriteria, salah satunya yang menjadi acuan adalah situs boycott.thewitness dan bdnaash,” tutup Himawan. (*) 

Baca juga: Ajak Boikot Produk Israel, YKMI Rekomendasikan Situs Thewitness dan Bdnaash Sebagai Rujukan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas