Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadirkan Indonesia-China Technology Institute, Unbor Teken MoU dengan Tujuh PT Asal Tiongkok

Kerja sama tersebut meliputi pertukaran mahasiswa, penelitian bersama dan profesor mengajar

Penulis: Reza Deni
Editor: Erik S
zoom-in Hadirkan Indonesia-China Technology Institute, Unbor Teken MoU dengan Tujuh PT Asal Tiongkok
Istimewa
Universitas Borobudur (Unbor) Jakarta dan tujuh perguruan tinggi (PT) atau universitas asal Tiongkok atau China menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of under standing (MoU) berbagai kerja sama di bidang pendidikan. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Universitas Borobudur (Unbor) Jakarta dan tujuh perguruan tinggi (PT) atau universitas asal Tiongkok atau China menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of under standing (MoU) berbagai kerja sama di bidang pendidikan.

“Hari ini kita mendapatkan ada 10 MoU yang kita tanda tangani,” kata Bambang Bernanthos usai acara penandatangan MoU dengan sejumlah perguran tinggi asal Tiongkok di Unbor, Jakarta, Sabtu (30/3/2024).




Menurutnya, kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi asal negeri Tirai Bambu itu sangat beragam, di antaranya pertukaran mahasiswa (exchange student), penelitian bersama (research together), dan profesor mengajar di dua belah pihak.

Baca juga: Rektor Universitas Borobudur: SDM Unggul Kunci Tapaki Jejaring Luar Negeri

“Kesempatan kita banyak sekali untuk mengadakan kerja sama yang bagus dengan China,” ujar Bambang.

Adapun kerja sama yang diteken pada siang tadi merupakan buah kolaborasi dengan International Transnational Education between China and Indonesia (ITEA) yang menjembatani universitas atau PT di Indonesia dengan PT atau universitas yang ada di China.

Adapun ketujuh PT asal China yang meneken MoU di bidang pendidikan dengan Unbor, yakni Shandong Polytechnic, Xi’an Vocational and Technical College, Heilongjiang Agriculture Economy Vocation College, dan Guandong Polytechnic of Water Resources and Electric Engineering.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, Suzhou Polytechnic Institute Of Agriculture, Chongqing Water Resources and Electric Engineering College, dan Shanghai Urban Construction Vocational College.

Bambang menandatangani MoU tersebut bersama para vice presiden (VP) atau director dari masing-masing institusi pendidikan dari China itu. 

Penandatanganan MoU disaksikan oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Toni Toharudin dan Presiden ICCCM/ITEA Mohammad Nuh.

Selain MoU, Unbor dan ITEA menggelar simposium internasional bertajuk “Educational Collaboraration Between China and Indonesia in the Era of Globalization”.

“Sebelum itu, Desember tahun 2023 Universitas Borobudur diundang ke China with ITEA untuk mengadakan seminar di sana dan berlanjut hingga hari ini,” katanya.

Baca juga: Sharing Ilmu Pengetahuan, Bamsoet Dukung International Conference yang Digelar Universitas Borobudur

Senior Advisor Univesity of Borobudur, Prof. Dr. Didik Sulistyanto, menambahkan, pada MoU kali ini, Unbor telah menjalin kesepakatan dengan ITEA untuk mendirikan kampus Indonesia-China Technology Institute (ICTI). 

“Tadi sudah ada diskusi dengan Miss Nency dan Miss Han, namanya adalah ICTI,” katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas