Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polbangtan Kementan Ajak Generasi Muda Tak Ragu Geluti Usaha di Agrobisnis

Hal itu sesuai arahan dengan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman mengatakan wirausaha merupakan upaya untuk regenerasi tenaga terampil di bidang

Penulis: Reza Deni
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Polbangtan Kementan Ajak Generasi Muda Tak Ragu Geluti Usaha di Agrobisnis
Istimewa
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan sebagai merupakan sekolah tinggi vokasi di bawah Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak para milenial muda untuk berwirausaha di bidang pertanian. 

Sesuai dengan visi dan misi Polbangtan serta Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu membentuk wirausaha muda di bidang pertanian yang maju, mandiri dan modern. 

Hal itu sesuai arahan dengan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman mengatakan wirausaha merupakan upaya untuk regenerasi tenaga terampil di bidang pertanian yang punya semangat wirausaha atau socioagripreneur, menjaga keberlanjutan pembangunan pertanian dengan menghasilkan sumberdaya manusia pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing. 

“Wirausaha ini tidak dimaksudkan sekadar untuk mencetak tenaga terampil di bidang pertanian. Tetapi, lebih dari itu, menciptakan para wirausahawan bidang pertanian. Lulus dari Polbangtan harus menciptakan lapangan kerja, bukan mencari lapangan kerja,” ujar Amran dalam keterangannya, Senin (1/4/2024).

Dalam kuliah umum yang merupakan edisi spesial kali ini, hadir secara virtual online oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

Dalam sambutanya, Dedi mengimbau kepada mahasiswa dan mahasiswi Polbangtan Medan dan peserta Kuliah Umum agar jangan bimbang dan jangan ragu untuk menjadi petani. 

BERITA TERKAIT

Petani muda yang berjiwa agrobisnis, petani muda yang berjiwa wirausaha.

“Pertanian itu menghasilkan oksigen, menghasilkan bahan pangan, mengkonservasi air dan pertanian juga menghasilkan tempat tinggal. Pertanianlah sesungguhnya yang menyediakan seluruh kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Pertanyaanya adalah siapa yang menggerakkan pertanian itu, siapa yang melaksanakan pertanian itu, siapa yang menggarap pertanian itu. Yang mengerjakan pertanian itu, yang menggarap pertanian itu yang melaksanakan pertanian itu adalah tidak lain tidak bukan petani”, ujar Dedi.

Baca juga: Jokowi Resmikan Rekonstruksi Irigasi Gumbasa untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Tema Wirausaha Muda dikemas ke dalam kuliah umum yang sekaligus menjadi Milenial Agriculture Forum Volume 12 Edisi 5 yang diselenggarakan secara hybrid dari aula kampus Polbangtan Medan.

Kuliah Umum kali ini, dihadiri secara langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Idha Widi Arsanti.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian berharap lulusan Polbangtan Medan menjadi job seeker dan job creator di bidang pertanian.

Andriko Noto Susanto, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan (PKKP) Badan Pangan Nasional (BAPANAS) selaku narasumber  memaparkan konsep menuju daulat pangan bersama wirausaha muda.

Andriko menjelaskan bahwa pangan adalah segala sesuatu yang bersumber dari pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan dan perairan. 

"Semuanya adalah komponen-komponen pangan yang bisa dijadikan bisnis. Dengan demikian wirausaha muda yang bergerak dibidang pangan memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Untuk menjadi agripreneur yang sukses ada 6 langkah, diantaranya adalah cintai apa yang dilakukan, lakukan secara sistematis, belajar cara mempromosikan diri, buat rencana dan realisasikan bisnis, tidak ada kata terlambat, bangun tim kerja yang solid dan bersikap dinamis, inovatif dan ogile," kata dia.

Baca juga: 20 PTN dengan Pendaftar di SNBP 2024 Terbanyak, 5 Teratas Ada UPI, Undip, UB, USU dan Unpad

Tidak hanya itu, Kuliah Umum kali ini juga hadir Narasumber istimewa, Founder and Chairman, Mcorp., a Leading Marketing Profesional Service Firm in ASEAN,  Hermawan Kartajaya.

Dalam pemaparanya, Hermawan sangat memotivasi mahasiswa Polbangtan dan PEPI seluruh indonesia dilihat dari antusias para peserta MAF saat sesi diskusi mengajukan pertanyaan mulai dari program pangan gratis yang bisa menjawab minat wirausaha muda lebih meningkat, tips mengidentifikasi kebutuhan pasar agar lebih tepat dalam menciptakan bisnis.

“Jika anda menjadi entrepreneur harus cepat melihat keaadan yang cepat berubah. Seorang entrepreneur adalah seorang yang creative inovation (ide baru yang harus dicoba) di barengi dengan professional”, ujar Hermawan 

Kuliah Umum kali ini jgga untuk memberikan wawasan praktis tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam memulai dan mengelola usaha baru, dapat menginspirasi. Para hadiri terutama mahasiswa untuk berpikir di luar kotak, mengembangkan ide-ide baru, dan menciptakan solusi inovatif untuk masalah-masalah di sekitar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas