Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenko PMK Minta Kasus TPPO Mahasiswa ke Jerman Tak Sampai Buat Jera Pelajar Magang ke Luar Negeri

Kemenko PMK berharap kasus dugaan TPPO berkedok Ferien Job ke Jerman tidak membuat jera para mahasiswa untuk magang ke luar negeri.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kemenko PMK Minta Kasus TPPO Mahasiswa ke Jerman Tak Sampai Buat Jera Pelajar Magang ke Luar Negeri
dok.
Iklan lowongan ferienjob ke Jerman yang masih terpasang di situs unja.ac.id. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kemenko PMK, Warsito, berharap kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok Ferien Job ke Jerman tidak membuat jera para mahasiswa untuk magang ke luar negeri.

Menurut Warsito, kasus ini hanya bisa dijadikan sebagai pembelajaran untuk mencegah adanya penyimpangan.




"Jangan sampai membuat jera baik institusi pendidikan tingginya maupun mahasiswa pelajar untuk kemudian magang ke luar negeri. Itu yang penting," ucap Warsito dalam Deputy Meet The Press di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Warsito mengatakan Pemerintah harus mampu memfasilitasi para pelajar untuk mendapatkan pengalaman di luar negeri.

Pemerintah, kata Warsito, akan membuat regulasi yang mampu mencegah terjadinya terjadinya unsur pidana dalam proses magang.

"Sehingga semangat untuk mendapatkan pengalaman tetap harus kita dorong dengan tentunya, nanti regulasi yang apa yang bisa kita berikan supaya benar-benar tujuan dari dari MKBM ini benar-benar tercapai dengan baik," tutur Warsito.

BERITA TERKAIT

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Kemenko PMK, Kemendikbudristek bersama Kemenaker untuk membuat regulasi terkait magang di laur negeri ini.

Kemenko PMK bakal mengadakan rapat bersama kementerian dan lembaga terkait untuk mempersiapkan aturan ini.

"Magang di luar negeri tetap menjadi sesuatu yang sangat penting, sehingga pendekatan kita adalah bagaimana regulasi-regulasi yang mungkin diperlukan, ini tentu akan menjadi kajian," katanya.

"Maka sebenarnya saya akan menjawab ini setelah kami rapat sebenarnya di hari Rabu insya Allah, tetapi secara khusus bahwa semangat kita bahwa kejadian ini tentu akan dievaluasi sesuai regulasi yang ada," tambahnya.

Sebelumnya, Dittipidum Bareskrim Polri membongkar kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus mengirim mahasiswa untuk magang ke Jerman program Ferien Job.

Baca juga: Antonius PS Wibowo Jawab Peran LPSK saat Ditanya Soal Kasus TPPO Ferienjob di Jerman

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan para korban dikirim melalui sistem yang ilegal.

"Namun, para mahasiswa dipekerjakan secara non prosedural sehingga mengakibatkan mahasiswa tereksploitasi," kata Djuhandani, dalam keteranganya Rabu (19/3/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas