Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO Momen Ratusan Orang Demo di Patung Kuda: Aksi Damai Pendukung Prabowo-Gibran Batal

Mereka menuntut Mahkamah Konstitusi (MK) bersikap adil, khususnya menjelang putusan terkait sengketa Pilpres 2024

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan orang menggelar aksi demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta, hari ini, Jumat (19/4/2024).

Pantauan Tribunnews.com, massa aksi sudah mulai berkumpul sejak pukul 11.30 WIB siang. 

Mereka menuntut Mahkamah Konstitusi (MK) bersikap adil, khususnya menjelang putusan terkait sengketa Pilpres 2024 yang akan dilaksanakan pada 22 April mendatang.




Dalam aksi tersebut, massa memampangkan wajah para hakim MK yang menangani PHPU Presiden.

Ada wajah Ketua MK Suhartoyo, Wakil Ketua MK Saldi Isra, Hakim Konstitusi Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic P Foek, Arsul Sani, Guntur Hamzah, dan Ridwan Mansyur.

Di bawah wajah para hakim tertulis kalimat "Mengawal para hakim Mahkamah Konstitusi gunakan nurani dan akal budi, tidak terpengaruh godaan dan ancaman duniawi.".

Selain itu, terlihat sebuah spanduk berebentuk persegi panjang tertulis kalimat yang bertujuan untuk mengingatkan para hakim MK untuk adil dalam memutus sengketa Pilpres, "Masihkan Anda percaya kepada Tuhan? Bila tidak... Berbuatlah sesukamu," demikian kalimat tersebut.

BERITA TERKAIT

Seharusnya hari ini demo terkait MK juga dilakukan oleh pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, namun batal atas arahan Prabowo.

Sebagaimana disampaikan tadi, rencana aksi damai yang bakal digelar hari ini oleh para pendukung, relawan, dan pemilih pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran dibatalkan.

Padahal jadwalnya, aksi damai tersebut dilakukan pukul 14.00 WIB siang tadi.

Aksi tersebut terpaksa dibatalkan setelah mendapat imbauan langsung dari Prabowo.

Pembatalan aksi damai disampaikan oleh Komandan Relawan TKN Prabowo-Gibran, Haris Rusly Moti dalam konferensi pers pada Kamis (18/4/2024) malam.

Haris mengimbau kepada seluruh pendukung untuk menahan diri dan taat pada arahan yang disampaikan Prabowo.

Padahal sebelumnya Haris mengatakan setidaknya sudah ada 75 ribu orang dari 350 komunitas pendukung Prabowo sudah mengonfirmasi kehadiran dalam aksi ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas