Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

1.025 Prajurit TNI Siap Berangkat Jadi Pasukan Perdamaian di Kongo, Ini Sosok Komandan yang Memimpin

1.025 prajurit TNU akan bertugas sebagai pasukan perdamaian di bawah bendera PBB di Kongo. Ini sosok komandan yang akan memimpin.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in 1.025 Prajurit TNI Siap Berangkat Jadi Pasukan Perdamaian di Kongo, Ini Sosok Komandan yang Memimpin
Dokumentasi Puspen TNI
Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., M.Tr. Opsla., melepas Satgas Kontingen Garuda TNI (Mission de l'Organisation des Nations Unies pour la stabilisation en République démocratique du Congo (MONUSCO) TA 2024 dalam misi perdamaian di bawah bendera PBB, di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/04/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., M.Tr. Opsla., mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melepas 1.025 prajurit yang akan bertugas sebagai pasukan perdamaian di bawah bendera PBB di Kongo.

Satgas Kontingen Garuda TNI (Mission de l'Organisation des Nations Unies pour la stabilisation en République démocratique du Congo (MONUSCO) TA 2024 guna melaksanakan misi perdamaian di bawah bendera PBB.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Irjen TNI, Agus mengungkapkan bahwa berbagai prestasi dan keberhasilan telah diraih oleh Kontingen Garuda TNI sebelumnya.

"Hal ini dapat dijadikan acuan untuk keberhasilan kalian dalam melaksanakan tugas," kata Panglima TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/04/2024).

Perlu diketahui, dua Satgas yang akan mengemban tugas operasi pemeliharaan dunia di Republik Demokratik Kongo, yaitu Satgas BGC TNI Kontingen Garuda 39-F MONUSCO TA 2024, yang berasal dari Yonif 406/Candra Kusuma sebagai main body dengan kekuatan 850 orang.

Sementara Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda 20-U MONUSCO TΑ 2024, yang berasal dari Yonzipur 3/Yudha Wyogra sebagai main body, dengan kekuatan 175 orang.

Kedua Satgas ini dipimpin oleh Komandan Kontingen Kolonel Inf Imir Faishal, S.Sos., M.I.Pol.

BERITA REKOMENDASI

Untuk diketahui, Kolonel Inf Imir Faishal masih menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri 4/Dewa Ratna atau (Brigif 4/DR).

Dikutip dari Wikipedia, (Brigif 4/DR) merupakan satuan tempur setingkat Brigade yang membawahi 4 satuan yaitu Mako Brigade dan Detasemen Markas yang berkedudukan di Slawi, Tegal.

Markas yang digunakan dulunya merupakan bangunan bekas Pabrik Gula Dukuhwringin, Yonif 405/SK yang berkedudukan di Wangon, Banyumas serta Cilacap, Yonif 406/CK yang berkedudukan di Purbalingga, dan Yonif 407 yang berkedudukan di Tegal dan Pekalongan.

Baca juga: Peluncuran Buku Setahun di Kongo Bawa Pengalaman Unik Seorang Wanita di Negara Konflik!

Brigif 4 kembali diaktifkan bersamaan diresmikannya 4 Brigif lainnya oleh KASAD Jenderal TNI Djoko Santoso pada tanggal 12 April 2007 di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

Sebelum menjabat Komandan Brigif 4/DR, Kolonel Inf Imir Faishal, bertugas di Pabandya-3/Binapintel Spaban 1/Ren Sintelad.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas