Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gerindra Sebut PKB Partner Lama yang Singgah Sementara di Kubu Lain

PKB jadi partai politik pertama yang disambangi Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Gerindra Sebut PKB Partner Lama yang Singgah Sementara di Kubu Lain
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Politikus Gerindra Hendarsam Marantoko. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) jadi partai politik pertama yang disambangi Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto.

Prabowo menemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang juga cawapres 01 di DPP PKB, Jakarta Pusat pada Kamis (25/4/2024) atau sesaat setelah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024.

Politikus Partai Gerindra, Hendarsam Marantoko mengatakan PKB jadi partai pertama yang dikunjungi Prabowo lantaran partai pimpinan Cak Imin partner lama yang singgah sementara ke kubu 01.

“Sebenarnya kalau khusus untuk PKB, ini sebenarnya partner lama aja yang sementara singgah ke 01,” kata Hendarsam dalam diskusi Polemik Trijaya ‘Demokrasi Tanpa Oposisi?’ pada Sabtu (4/5/2024).

PKB lanjutnya merupakan partner Gerindra dalam mengusung Prabowo sebagai capres di Pilpres 2024 sebelum berpindah haluan ke Koalisi Perubahan bersama PKS dan Nasdem mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Baca juga: Cak Imin Keliling Indonesia Minta Masukan Sesepuh Soal Sikap PKB di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Namun, perpindahan itu dianggap wajar Gerindra karena menjadi bagian dari strategi politik setiap partai yang berkontestasi di Pemilu 2024.

BERITA TERKAIT

“Jadi memang secara kami cukup memahami PKB ketika mendeklarasikan dengan Gerindra untuk mengusung pak Prabowo sebagai capresnya dan kemudian beralih ke pak Anies, kami cukup memahami dari sisi strategi politiknya yang tentu tak bisa kami sampaikan,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menyebut Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar sedang mendengar masukan soal sikap partai terhadap pemerintahan era Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Prediksi Nama-nama yang Bakal Diusung PKB di Pilkada DKI Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah

Cak Imin kata Daniel, sedang menjalin komunikasi dengan banyak pihak di daerah. Bahkan saat ini cawapres 01 itu sedang keliling Indonesia menemui para tokoh dan sesepuh.

"Mohon waktu, ya, karena saat ini, DPP (PKB, red), Cak Imin sedang berkomunikasi dengan seluruh pihak untuk mendapatkan masukan, bahkan, sekarang lagi keliling Indonesia, beberapa daerah, untuk menemukan para tokoh dan sepuh," kata Daniel.

Daniel pun mengatakan hingga kini masih belum terdengar perdebatan di akar rumput soal sikap PKB yang membuka peluang merapat ke pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Belum ada perdebatan, justru itu yang harus kami cari yang terbaik," ujar dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas