Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gunakan Heli Caracal, TNI AU Evakuasi Lansia Hingga Anak-Anak dari Desa Terisolir di Latimojong

Berdasarkan foto-foto yang diterima Tribunnews.com, tampak di antara warga tersebut sejumlah perempuan, lansia, serta anak-anak.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Gunakan Heli Caracal, TNI AU Evakuasi Lansia Hingga Anak-Anak dari Desa Terisolir di Latimojong
Lanud Hasanudin
TNI Angkatan Udara (AU) berhasil mengevakuasi 36 orang warga korban bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, menggunakan Helikopter Caracal H-225M pada Senin (6/5/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) berhasil mengevakuasi 36 orang warga korban bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, menggunakan Helikopter Caracal H-225M pada Senin (6/5/2024).

Berdasarkan foto-foto yang diterima Tribunnews.com, tampak di antara warga tersebut sejumlah perempuan, lansia, serta anak-anak.

Selain itu, terlihat juga pria dewasa yang menggendong anak-anak.

Mereka terlihat berada di dalam kabin helikopter tersebut diampingi personel TNI AU berseragam.

Pada foto lainnya, tampak seorang lansia tengah digendong oleh personel TNI AU berseragam di dekat pintu helikopter.

Tampak juga anak-anak yang digendong oleh personel TNI AU pada foto lainnya.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, terlihat juga seorang warga tengah ditandu oleh personel TNI AU berbaret oranye (Komando Pasukan Gerak Cepat).

"Memasuki hari keempat bencana banjir dan tanah longsor, Helikopter Carakal H-225M TNI AU terus bekerja untuk melakukan evakuasi warga yang berada di desa terisolir, khususnya warga yang sakit dan lansia serta anak-anak yang membutuhkan pertolongan darurat," kata keterangan resmi Penerangan Lanud Hasanuddin pada Senin (6/5/2024).

"Dari 36 orang yang dievakuasi terdapat 8 orang lansia yang sakit dan membutuhkan pertolongan medis," sambung keterangamln tersebut.

Selain mengevakuasi warga, Helikopter Carakal H-225M TNI AU juga mengirim tim medis yang terdiri dari enam orang.

Tim medis tersebut berasal dari Posko Penanggulangan Bencana Andi Jema menuju Desa Rante Lajang.

"Sulitnya medan yang berada di daerah pegunungan dan perubahan cuaca yang demikian cepat di lokasi banjir dan tanah longsor membuat Helikopter Caracal H-225M TNI AU harus bekerja cepat untuk mengirimkan bantuan," kata keterangan tersebut.

"Sebanyak tiga ton bantuan berupa beras, mie instan dan obat obatan berhasil dikirimkan ke Desa yang masih terisolir seperti Desa Pangi, Desa Rante Lajang dan Desa Tolajo," sambung keterangan itu.

Sebelumnya, Helikopter Caracal H-225M TNI AU dengan Pilot Lettu Pnb Yogie Pradana dan Co Pilot Lettu Pnb Ardy Septiantara serta pasukan elit TNI AU yakni Tim Pasukan Gerak Cepat (Pasgat) dari Batalyon 466 Kopasgat dilaporkan telah berhasil menembus lokasi terdampak bencana di Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan pada Minggu (5/5/2024).

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas