Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

World Water Forum Ke-10 di Bali, TNI-Polri Siapkan 3 Ring Pengamanan

Akan ada tiga ring pengamanan yang dilakukan aparat untuk mensukseskan ajang Internasional tersebut dalam Operasi Puri Agung 2024.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Dewi Agustina
zoom-in World Water Forum Ke-10 di Bali, TNI-Polri Siapkan 3 Ring Pengamanan
Dok. Polri
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Fadil Imran beserta pejabat Polri meninjau langsung persiapan pengamanan dan infrastruktur di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi jelang event World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Jumat (10/5/2024). Nantinya, akan ada tiga ring pengamanan yang dilakukan aparat untuk mensukseskan ajang Internasional tersebut dalam Operasi Puri Agung 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - TNI-Polri berkomitmen melakukan pengawalan dan pengamanan event World Water Forum (WWF) ke-10 yang digelar di Bali.

Nantinya, akan ada tiga ring pengamanan yang dilakukan aparat untuk mensukseskan ajang Internasional tersebut dalam Operasi Puri Agung 2024.

Baca juga: Wing 1 Kopasgat Kirim Sniper Hingga Rudal Chiron Untuk Amankan KTT WWF ke-10 di Bali

"Konsep ini biasa dilakukan dengan teman-teman TNI. TNI membentuk satgas dan kami menggelar Operasi Puri Agung," kata Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran dalam keterangannya, Jumat (17/6/2024).

Pengamanan pada ring 1 akan dilakukan Paspampres, ring 2 oleh TNI, dan ring 3 akan dilakukan Polri termasuk untuk tamu very important person (VIP) beserta kegiatan lainnya di luar forum utama.

Fadil yang juga Kepala Operasi Puri Agung 2024 ini mengatakan pihaknya sudah melakukan apel gelar pasukan pada Rabu (15/5/2024) untuk memastikan kesiapan personel pengamanan itu.

Pengamanan maksimal akan dilakukan, kata Fadil, karena event WWF ini merupakan kegiatan yang sangat penting karena membicarakan isu dan persoalan air secara global.

BERITA TERKAIT

Menurutnya isu air, pangan, dan energi merupakan isu krusial untuk saat ini dimana dunia harus satu suara.

Di sisi lain, nantinya akan ada tim pengawalan, rute, patroli dan parkir (Walrolakir) yang mengawal dan mengantar para kepala negara dan delegasi dari Bandara menuju tempat registrasi dan akomodasi.

"Kepala negara tiba tanggal 18 ada tim yang menerima dan Polri dilibatkan sebagai petugas pengawal tamu VVIP. Ring 3 melakukan pengamanan sterilisasi dimana nanti ada unit k9, polisi pariwisata, polisi obvit, sabhara yang bertugas memberikan rasa aman dan nyaman," ujarnya.

Baca juga: Dukung WWF ke-10 di Bali, Komjen Rycko Minta Kualitas Asesmen Sistem Pengamanan Ditingkatkan

Ia pun mengimbau agar semua pihak tetap menjaga suasana kondusif selama penyelenggaraan WWF dan memaklumi jika nanti akan ada pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas yang sifatnya situasional.

"Kegiatan ini kita tak mau mengganggu aktivitas wisata yang menjadi urat nadi ekonomi Bali. Kami ingin jadikan contoh ada event tak ada gangguan tapi ada dampak buat masyarakat," katanya.

Meski begitu Fadil Imran berharap masyarakat bisa memanfaatkan momentum dari sekitar 17 ribu peserta akan hadir, yang sudah tentu berdampak pada perekonomian masyarakat Bali.

World Water Forum Bali 2024
World Water Forum Bali 2024 (worldwaterforum.org)

"Mudah-mudahan balancing keduanya antara perekonomian menggeliat dan isu air bisa membawa kesejahteraan bagi kita semua," ucapnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas