Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Kunjungi IKN Didampingi Wishnutama, Kisi-kisi HUT ke-79 RI Bakal Dibuat Megah?

Presiden Joko Widodo mengunjungi Ibu Kota Negara Nusantara untuk meninjau proses persiapan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di IKN.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Jokowi Kunjungi IKN Didampingi Wishnutama, Kisi-kisi HUT ke-79 RI Bakal Dibuat Megah?
INSTAGRAM/@wishnutama
Presiden Joko Widodo bersama Wishnutama 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk meninjau proses pembangunan, peresmian sejumlah infrastruktur hingga persiapan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024. 

Dalam video yang diunggah di akun Instagram miliknya, Jokowi mengatakan sebelum berkunjung ke IKN, ia akan lebih dulu ke Balikpapan untuk menghadiri sejumlah agenda. 

"Saya meluncur ke Balikpapan, akan ke IKN Nusantara. Kita akan melihat proses program perkembangan pembangunan. Yang kedua, juga akan melakukan peletakan batu pertama ground breaking beberapa institusi pendidikan serta melihat persiapan untuk upacara 17 Agustus yang akan datang," kata Jokowi dalam video di akun Instagramnya, dikutip Selasa (4/6/2024).

Saat berkunjung ke Pentacity Mal Balikpapan, Jokowi terlihat didampingi oleh Mantan Menparekraf Wishnutama Kusubandio, serta Plt Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, dan Raja Juli Antoni.

Kehadiran Wishnutama mendampingi Jokowi dalam rencana kunjungan ke IKN digadang jadi kisi-kisi bahwa upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang akan digelar secara megah. 

Pasalnya, Komisaris Utama Telkomsel ini sering menjadi sosok dibalik kemegahan acara-acara internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah.

BERITA TERKAIT

Misalnya Gala Dinner G20, KTT ASEAN Ke-43, dan terakhir World Water Forum yang merupakan hasil kreativitas Wishnutama dan menuai pujian delegasi negara. 

Seperti Presiden World Water Council , Loic Fauchon memuji World Water Forum ke-10 yang digelar di Bali sebagai penyelenggaraan terbaik selama 30 tahun.

“Sekarang kalian akan menjadi water champions. Saya bisa bilang itu karena saya sendiri sudah terlibat dalam persiapan WWF dari 30 tahun yang lalu. Ini (WWF BALI) jadi persiapan yang paling professional dan efisien,” kata Loïc Fauchon di Denpasar, Bali pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Begitu juga pada Gala Dinner KTT ASEAN ke-43, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris memuji kesuksesan acara yang digelar Indonesia.

“Makanan dan penyelenggaraan acara serta hiburan, semuanya hampir melebihi apa yang dilakukan di Hollywood,” ucap Kamala Haris.

Kendati belum ada pengumuman resmi dari pemerintah, namun kehadiran Wishnutama yang mendampingi Presiden Jokowi saat mengunjungi IKN, menjadi kisi-kisi penyelenggaraan upacara 17 Agustus mendatang di IKN akan dibuat megah. 

Terlebih Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono sempat menyatakan bahwa upacara peringatan hari kemerdekaan pada tahun ini akan digelar lebih menarik. Apalagi peringatan HUT ke-79 RI merupakan seremoni terakhir Jokowi sebagai Presiden.

Baca juga: Satu Hari Setelah Kepala Otorita Mundur, Jokowi Kunjungi IKN, Ini Daftar Pejabat yang Mendampingi

"Nanti ya kita berikan yang terbaik. InsyaAllah," kata Heru di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu, (28/5/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas